5 Penyebab Ngidam Saat Hamil

5 Penyebab Ngidam Saat Hamil
Daftar Isi Artikel

Salah satu fenomena unik yang sering dialami oleh banyak wanita hamil adalah mengidam. Ngidam adalah suatu kondisi yang dihentikan dengan memenuhi keinginan ibu hamil, mulai dari makanan, minuman, benda, hingga melakukan aktivitas tertentu. Jadi, apa yang menyebabkan ngidam selama kehamilan?

Pada dasarnya, penyebab ngidam pada ibu hamil tidak bisa dijelaskan secara pasti. Beberapa teori mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa terjadi akibat perubahan hormonal, yang membuat indra perasa dan penciuman menjadi lebih sensitif.

Teori lain mengungkapkan, penyebab ngidam timbul akibat tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi. Misalnya, ketika ibu hamil mengidam burger atau daging-dagingan, bisa saja ini pertanda tubuhnya kekurangan natrium, kalium, atau protein. Ngidam yang dimaksud di sini bukan makanannya tetapi nutrisi yang ada di dalamnya.



Berikut ini adalah penyebab ngidam yang harus Anda kenali, di antaranya:

1. Tubuh kekurangan nutrisi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena mengidam adalah tanda bahwa tubuh membutuhkan nutrisi tertentu, oleh karena itu yang harus dipahami adalah wanita hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada wanita yang tidak hamil.

Ketika seorang wanita hamil kekurangan zat besi, dia akan menginginkan makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Namun, ada juga wanita hamil yang kekurangan vitamin tetapi mendambakan es krim. Mengidam di sini tidak ada hubungannya dengan nutrisi yang dibutuhkan dengan makanan yang diinginkan.

Selain mengidam makanan atau minuman tertentu, wanita hamil juga bisa menginginkan barang yang tidak berhubungan dengan makanan.

2. Perubahan hormon

Penyebab paling umum dari mengidam pada wanita hamil adalah karena perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan hormon ini juga dapat memengaruhi aroma dan rasa makanan, membuat wanita hamil tidak menyukai makanan yang mereka sukai sebelumnya, atau bahkan sebaliknya. Selain itu, kondisi ini juga ditandai dengan gejala mual dan muntah, tetapi hanya pada usia 2 bulan.

Peningkatan kadar hormon kehamilan seperti progesteron dan human Chorionic gonadotropin (hCG) berperan untuk menyebabkan keinginan mengidam.

3. Perubahan emosi

Penyebab mengidam berikutnya adalah perubahan emosi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti lingkungan kumuh, berpenghasilan rendah, atau karena kondisi emosional yang sangat tidak stabil. Wanita hamil membutuhkan suasana yang tenang dan nyaman. Jadi, jika Anda mengalami kondisi buruk itu akan membuatnya mengidam.

4. Peningkatan produksi air liur

Saat memasuki tahap awal kehamilan, produksi air liur pada wanita akan meningkat. Kondisi ini menyebabkan wanita hamil sering meludah, sensasi logam di mulut mereka, dan mual dan muntah. Pada akhirnya, wanita hamil akan mendambakan makanan yang memiliki rasa kuat.

5. Lebih banyak kebutuhan energi

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi daripada biasanya. Beberapa nutrisi ini seperti makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah nutrisi yang mengandung kalori atau energi seperti lemak, protein, dan karbohidrat. Padahal, zat gizi mikro adalah komponen makanan yang termasuk mineral dan vitamin.

Penyebab mengidam pada wanita hamil terjadi karena ketika memasuki kehamilan tubuh membutuhkan tambahan 300 kalori pada trimester kedua dan ketiga. Sementara kebutuhan kalsium harian ibu hamil adalah 1000-1200 miligram, zat besi adalah 27 miligram dan 600-800 mikrogram folat.

Kebutuhan nutrisi wanita hamil dan mengidam adalah sesuatu yang sama pentingnya untuk dipenuhi dan diperhatikan. Jika pola makan tidak dipertimbangkan dengan benar, dikhawatirkan akan memengaruhi perkembangan janin. Karena itu, Anda harus mengendalikan setiap keinginan yang Anda rasakan.