Ingin Lebaran Tetap Langsing Ikuti Tips Berikut

Ingin Lebaran Tetap Langsing Ikuti Tips Berikut
Daftar Isi Artikel

Selain Saling Memaafkan dan silaturahmi, Idul Fitri juga disebut pesta makanan Ada ketupat, opor, rendang dan aneka makanan ringan dan minuman manis. Berbagai makanan lezat dapat ditemukan di rumah orang tua atau saudara yang Anda kunjungi.

Tentunya banyak undangan dalam satu minggu bersama keluarga Meskipun Anda senang, efeknya tentu saja berpengaruh pada program diet yang sedang dijalankan. Hasilnya, ketika kembali bekerja atau sekolah, pinggang celana favorit anda sempit. Tips diet ini bisa membuat Anda tetap menikmati hidangan lebaran tanpa takut kehilangan kendali atas berat badan Anda.

1. Tetap Olahraga

Meski sedang liburan, olahraga tetap harus dilakukan. Setidaknya butuh 30 menit setiap hari untuk berolahraga agar tubuh Anda tetap terbiasa dengan gaya hidup sehat. Berolahraga juga baik untuk mempercepat metabolisme dan membakar kalori dalam jumlah besar selama pesta. Jika Anda tidak berolahraga selama liburan panjang, Anda pasti malas memulai lagi. Karena itu, tetaplah menjalankan rutinitas olahraga selama liburan agar diet tidak langsung gagal total.

2. Protein & Sayuran Jangan Terlupakan

Saat Lebaran, tentu saja banyak hidangan dan hidangan lezat. Sayangnya, sebagian besar hidangan yang dimasak selama lebaran adalah lemak dan santan. Karena itu, masih seimbang dengan mengonsumsi protein baik dan juga sayuran. Selain penting untuk diet, serat dari sayuran juga baik untuk kesehatan pencernaan. Protein juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Jika pada siang hari Anda telah mengonsumsi makanan berlemak, santan dan kolesterol tinggi, maka konsumsilah sayuran yang tinggi protein di malam hari.

3. Kurangi Konsumsi Gula Berlebihan

Hidangan manis dan minuman es memang sangat menyegarkan dan menjadi bintang utama di Idul Fitri. Jika Anda mengunjungi rumah kerabat dan teman, tentu saja kue yang lezat dan manis adalah pilihan bagi para tamu. Tetapi ingat bahwa gula adalah musuh utama diet Anda. Sebisa mungkin batasi asupan gula dalam sehari, terutama gula yang terkandung dalam produk yang dijual di pasaran. Seimbangkan dengan minum banyak air setiap kali setelah mengonsumsi makanan manis.

4. Beraktivtas 

Bersantai dan bermalas-malasan selama liburan memang kegiatan yang paling menyenangkan, tetapi jika dilakukan sepanjang minggu, tentu saja berat badan akan naik dengan cepat. Undang keluarga Anda untuk melakukan kegiatan di luar selama liburan. Bagi Anda yang pulang, Anda bisa bernostalgia dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di kota tempat Anda tinggal. Bisa juga mengundang olahraga di tempat terbuka atau pergi ke tempat wisata. Yang penting adalah Anda melakukan aktivitas yang dapat membantu mempercepat metabolisme Anda dan membakar kalori sehingga tidak menumpuk menjadi lemak.

Menyesuaikan pola makan Anda selama Hari Raya tidak hanya untuk mempertahankan berat badan, tetapi juga untuk tetap segar dan menjaga mood Anda tetap terjaga. Anda tidak ingin sakit perut, atau mengenyangkan ketika Anda mengunjungi rumah Kerabat anda? Tubuh tidak nyaman, sehingga aktivitas menjadi terganggu.