Makanan ini Harus Dihindari Bumil Agar Janin Selalu Sehat

Makanan ini Harus Dihindari Bumil Agar Janin Selalu Sehat
Daftar Isi Artikel

Wanita yang sedang mengalami kehamilan akan mengalami banyak perubahan di tubuh mereka. Area di sekitar dada dan perut akan membesar seiring waktu. Selain itu, beberapa makanan yang awalnya diperbolehkan harus dikurangi atau bahkan dihindari agar tidak menimbulkan masalah dalam pertumbuhan dan perkembangan janin.

Mengapa Anda harus melakukan diet yang baik?

Wanita hamil akan membutuhkan lebih banyak kalori daripada sebelumnya. Ini harus dipertimbangkan sehingga janin dalam uterus menerima nutrisi seimbang. Jika ibu tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya, janin juga tidak akan mendapatkan apa-apa. Mengapa saya harus mempertahankan diet yang baik?

Wanita hamil akan membutuhkan lebih banyak kalori daripada sebelumnya. Ini harus dipertimbangkan sehingga janin dalam uterus menerima nutrisi seimbang. Jika ibu tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya, janin juga tidak akan mendapatkan apa-apa.

Sekarang, karena janin mendapatkan makanan dari apa yang ibu makan, wanita perlu memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Jika seorang wanita makan makanan yang salah, kemungkinan besar mereka juga akan memberikan nutrisi yang salah kepada anak, bahkan racun atau kuman dapat memasuki janin.

Karena apa yang didapat bayi adalah apa yang dimakan ibunya, wanita hamil harus benar-benar menjaga apa yang masuk ke mulut mereka. Jika wanita hamil makan sesuatu yang salah, janin akan terkena dampak langsung. Bahkan, kemungkinan gangguan terjadi hingga muncul masalah seperti keguguran yang sangat besar.


Makanan apa yang harus dihindari sementara?

Wanita harus melihat apa yang akan mereka makan dan tahu apakah makanan dapat memiliki efek buruk pada tubuh. Jika tidak ada efek samping yang terlihat dari respons tubuh normal, makanan tersebut dapat dikonsumsi. Namun, jika Anda memicu pusing, mual, dan sakit perut yang parah, lebih baik menghindarinya. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari.

1. Ikan

Ikan adalah sumber protein yang sangat sehat dan jarang mengandung lemak kecuali omega-3. Ikan laut bahkan direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua orang. Sayangnya, ikan yang berasal dari laut masih memiliki kemungkinan mengandung kontaminasi logam berat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan secara rutin.

Selain mengandung logam berat, hal itu harus dilakukan saat mengolah ikan, terutama ikan air tawar, hingga dimasak ke dalam. Jika setengah matang, kemungkinan ada bakteri yang tersisa di dalamnya. Batasi konsumsi ikan dan pastikan untuk tidak makan setengah matang atau mentah.

2. Kerang dan tiram mentah

Beberapa jenis kerang seperti tiram sering dimakan mentah dan hanya disiram dengan cuka atau lemon. Sayangnya, ibu hamil tidak lagi diperbolehkan makan makanan seperti ini terutama mentah. Kerang mentah kemungkinan menyebabkan infeksi seperti kolera yang memicu diare berlebihan.

Jika seorang wanita mengalami diare berlebihan, kemungkinan mereka akan mengalami dehidrasi yang cukup akut. Dehidrasi pada wanita hamil sangat berbahaya karena dapat membuat cairan ketuban menjadi tipis. Beberapa bakteri juga bisa memasuki janin dan menyebabkan gangguan pertumbuhan hingga kelahiran prematur.

3. Alkohol
Beberapa jenis makanan masih memiliki tingkat yang aman dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja termasuk wanita yang sedang hamil. Namun, tidak ada batasan aman untuk minuman beralkohol. Sedikit atau banyak masih akan mempengaruhi perkembangan janin. Karena itu, wanita tidak disarankan untuk mengkonsumsinya sama sekali.

Setelah alkohol dikonsumsi ke dalam tubuh, zat berbahaya yang dikandungnya juga akan memasuki janin. Dampak perkembangan janin akan mengalami gangguan. Pertumbuhan fisik dan mental dapat terjadi dan membuat bayi yang dilahirkan akan mengalami cacat yang tidak diinginkan.

4. Sayur mentah

Sayuran mentah tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena mungkin mengandung Salmonella atau E. coli. Karena itu, selalu masak semuanya sampai matang. Hindari makan salad bahkan jika Anda menyukainya. Jika Anda memaksanya untuk makan, kemungkinan Anda bisa mendapatkan infeksi sehingga masalah pernapasan.

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil agar kesehatan tubuh dan janin dapat terjaga dengan baik. Sebenarnya berbagai jenis makanan bisa dimakan, asalkan dimasak dengan baik dan matang. Selain itu, setiap wanita hamil memiliki responsnya sendiri terhadap makanan, sehingga mereka harus tahu mana yang bisa dimakan dan tidak