Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Ayo Jadwalkan Waktu Tidur, Menyusui & Bermain Pada Bayi


Aktivitas teratur untuk tidur, makan, bermain, dan aktivitas lain membuat hidup lebih mudah tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk bayi Anda. Tetapi bagaimana Anda mulai menerapkan jadwal kegiatan ini untuk bayi? Berikut adalah beberapa panduan yang dapat Anda ikuti untuk menanamkan rutinitas harian rutin untuk si kecil Anda.

Sesuaikan jadwal yang Anda buat dengan usia bayi

Rasanya baru kemarin Anda bisa memprediksi alur kegiatan bersama si kecil, dan sekarang saatnya mengubahnya lagi. Seiring bertambahnya usia, bayi Anda membutuhkan lebih sedikit tidur di siang hari dan lebih banyak bermain dan stimulasi. Awalnya dia hanya membutuhkan makanan padat sekali sehari, tetapi akhirnya menjadi beberapa kali sehari. Ketika perubahan perkembangan ini terjadi, jadwal anak Anda juga berubah. Anda perlu membaca referensi tentang perkembangan anak untuk mengetahui bagaimana harus bereaksi.

Biasakan bayi dalam aktivitas rutin sebelum tidur

Setelah Anda berhasil menerapkan jadwal tidur yang konsisten untuk anak Anda, rutinitas harian Anda akan berfungsi sebagaimana mestinya. Cara termudah untuk menerapkan jadwal tidur teratur adalah memulai rutinitas sebelum tidur yang dapat dijalankan setiap malam. Rutinitas sebelum tidur adalah hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika membuat jadwal kegiatan harian. Anda benar-benar tidak bisa memaksanya dalam beberapa bulan pertama, tetapi Anda bisa mulai melatihnya saat bayi Anda berusia sekitar dua bulan.

Rutinitas sederhana yang dapat dilakukan termasuk mandi air hangat, mengenakan pakaian tidur, memberikan ASI atau susu formula, dan mematikan lampu. Tidak apa-apa jika Anda perlu menyusui dia sehingga dia tertidur dalam beberapa bulan pertama, tetapi ketika dia berusia 3 atau 4 bulan, Anda hanya perlu membaringkannya di tempat tidur sehingga dia bisa tidur sendiri.



Kenali instruksi yang diberikan oleh bayi Anda

Anda memang bisa mengetahui jadwal yang tepat untuk bayi melalui situs web, buku, dokter anak, atau dari orang tua lainnya. Tetapi bayi Anda yang menjadi penuntun utama. Dia akan memberi Anda petunjuk tentang apa yang dia butuhkan. Anda dapat memahami tanda yang dia berikan jika Anda belajar membacanya. Ketika orang tua menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka, informasi yang mereka terima disaring melalui pengalaman mereka sendiri. Naluri datang setelah Anda belajar mengenali temperamen bayi dan memahami apa yang ia butuhkan.

Seorang ibu bernama Liana mengatakan bahwa perhatian yang sangat dekat kepada bayinya yang berusia 9 bulan membuatnya mengerti apa yang dibutuhkan anak itu. Sekarang dia bisa menyusui si kecil sebelum dia benar-benar marah dan membuatnya tertidur sebelum dia lelah dan rewel. Kondisi ini membuat segalanya lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk keduanya.

Mempelajari apa yang dibutuhkan bayi Anda membutuhkan waktu dan kesabaran. Tetapi Anda akan melihat pola yang muncul setelah beberapa waktu. Jika Anda membuat catatan ketika biasanya si kecil tidur, menyusu, bermain, dan melakukan kegiatan lain, Anda dapat menggunakan catatan ini untuk menerapkan jadwal kegiatan yang ingin Anda lakukan.\

Mengajar bayi membedakan siang dan malam

Banyak bayi yang baru lahir melakukan kegiatan mereka terlepas dari waktu siang dan malam. Mereka biasanya tidur lama di siang hari dan terjaga saat matahari terbenam. Membantu bayi Anda membedakan antara siang dan malam adalah langkah pertama serta kunci untuk mendapatkan rutinitas yang bisa dikerjakan.

Pada siang hari, buka jendela dan tinggalkan ruangan dalam keadaan cerah. Lakukan sebaliknya di malam hari, gunakan cahaya redup dan tenang. Jangan banyak bicara dengannya saat Anda memberinya makan di malam hari. Biarkan dia belajar untuk memahami bahwa malam adalah waktu untuk tidur dan siang adalah waktu untuk bermain dan bersosialisasi.

Jadikan jadwal kegiatan bayi sebagai prioritas

Jika Anda mencari rutinitas yang sukses untuk bayi Anda atau mengamati pola yang sesuai untuknya, jadikan proses ini prioritas utama untuk setidaknya beberapa minggu pertama. Hindari mengganggu rutinitas yang Anda berdua lalui bersama liburan, makan di luar, mengunjungi rumah kerabat yang dapat mengganggu tidur siang Anda, atau kegiatan lainnya.

Ketika Anda menetapkan pola kegiatan untuk anak Anda, tidak mungkin untuk tidak membiasakan diri saat tidur, bangun, jadwal menyusui, atau berganti pakaian. Yang terbaik adalah menjaga jadwal bayi Anda sekonsisten mungkin ketika ia terbiasa.

Semuanya tidak sesempurna yang Anda harapkan

Beberapa orang tua yang menerapkan jadwal rutin pada bayinya berharap kegiatan yang dilakukan si kecil akan selalu berjalan teratur. Meskipun bayi melakukan rutinitasnya secara konsisten, Anda harus siap untuk perubahan dari hari ke hari seiring bertambahnya usia dan perkembangan pertumbuhan.

Terkadang, tanpa mengetahui penyebabnya, bayi Anda menolak memejamkan matanya saat tiba waktunya tidur siang. Itu juga bisa terjadi ketika dia meminta camilan tambahan, bangun sebelum matahari terbit, dan sebagainya.

Ada liburan yang ingin Anda habiskan bersama keluarga, liburan bersama teman, dan faktor lain yang akan datang dan mengganggu dalam kehidupan sehari-hari Anda dan si kecil. Variasi dalam kegiatan tidak menjadi masalah, selama bayi Anda punya waktu untuk tidur, bermain, makan, perhatian, dan cinta yang ia butuhkan saat masih bayi.

tp

Please Wait....