Cara Memasak Nasi Untuk Diet (Rendah Kalori)

Cara Memasak Nasi Untuk Diet (Rendah Kalori)
Daftar Isi Artikel

Jika Anda tidak makan nasi putih rasanya tidak kenyang, bukan? Tetapi tahukah Anda bahaya mengkonsumsi nasi putih secara berlebihan, karena nasi putih mengandung indeks glikemik yang tinggi. Karena itu, selain berkalori tinggi, beras juga membuat Anda rentan terhadap diabetes. Tidak perlu khawatir, ada cara yang baik untuk memasak nasi agar lebih sehat dan rendah kalori, lho.

1. Kandungan kalori beras putih (Nasi) cukup tinggi

Kandungan karbohidrat nasi putih adalah sekitar 45 gram per cangkir. Kalori yang terkandung dalam secangkir nasi putih adalah 206 kalori. Jika Anda konsisten mengkonsumsinya, ini akan berdampak pada berat badan Anda.

Meski begitu, itu tidak sepenuhnya kesalahan untuk mengkonsumsi beras berlebihan. Menurut para ilmuwan nutrisi dari University of Alabama, Amerika Serikat, Matthew Lantz Blaylock, seorang yang gemuk atau kurus tergantung pada rasio kalori yang masuk dan keluar.

2. Mengurangi kandungan kalori Nasi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pushparajah Thavarajah, menyatakan bahwa nasi putih dapat direbus dengan teknik khusus. Ini dapat mengurangi jumlah pati yang tidak sehat di dalamnya. Dengan kata lain, kita bisa menghindari asupan gula berlebih di dalam tubuh.

3. Menambahkan Minyak Kelapa Murni

Metode ini sangat mudah. Anda hanya perlu menambahkan minyak kelapa murni ke beras. Tambahkan sekitar tiga persen dari total berat beras yang akan Anda masak.

Setelah masak, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam agar tidak basi. nah, beras sudah siap untuk dikonsumsi sesudahnya.

4. Berbagai macam Manfaat

Nasi putih rendah kalori diklaim 50% lebih sehat daripada dimasak dengan cara biasa. Lebih khusus lagi, kandungan pati dalam beras dapat dikurangi hingga 10 kali lipat. Meski begitu, Anda tetap tidak boleh berlebihan ketika memakannya, ya.

Ayo Mulailah hidup sehat dengan memasak nasi dengan benar, Saat Diet!