Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil


Mendapatkan kehamilan adalah impian semua orang yang ingin menikah. Sayangnya, memiliki kehamilan tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak gangguan pada tubuh yang menyebabkan wanita merasa tidak nyaman dan tersiksa. Salah satunya adalah insomnia atau sulit tidur yang membuat wanita tidak nyaman dan mudah sakit.

Insomnia pada wanita hamil disebabkan oleh beberapa hal/ Tidak semua wanita mengalaminya, tetapi sekitar 65 persen wanita mengalaminya, terutama selama trimester ketiga kehamilan.

Sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. Ingin miring ke kiri, kanan, atau tidur terlentang merasa mual dan sulit bernafas. Akhirnya wanita tersebut mengalami insomnia dan hanya bisa tidur jika rasa mengantuk tidak dapat ditahan lagi.

Cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil

Jika Anda hamil dan mengalami beberapa masalah di atas, ada baiknya mengikuti tips di bawah ini. Jika Anda tidak dapat mengatasi insomnia, kualitas tidur akan menurun dan berbahaya bagi ibu dan janin dalam kandungannya.

1. Membentuk siklus sirkadian yang benar

Selalu pastikan siklus tidur Anda berjalan dengan lancar. Dengan siklus tidur yang berjalan lancar, Anda bisa langsung mengantuk ketika jam tiba. Misalkan Anda terbiasa tidur setiap jam 21.00 setiap hari. Sekitar jam 9:00 malam, tubuh akan mulai lelah dan rasa kantuk akan sulit ditahan.

Jika Anda terbiasa tidur sangat lama, maka saat hamil akan terus mengalaminya. Padahal ibu hamil perlu lebih banyak istirahat mengingat perasaan lelah ibu hamil lebih besar. Apalagi selama kehamilan, tubuh terasa sangat berat

2. Makan makanan yang memicu rasa kantuk

Jika kantuk belum muncul, yang bisa Anda lakukan hanyalah memicu rasa kantuk. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah makan makanan tertentu. Anda bisa makan sebelum tidur atau ketika kantuk tidak muncul meskipun waktu tidur telah tiba.

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat wanita hamil mudah mengantuk terdiri dari kacang almond atau kacang mede. Pisang dan keju juga membuat kantuk muncul dengan cepat. Gabungkan beberapa makanan ini dengan segelas susu hangat yang membuat perut Anda kenyang dan nyaman.

3. Lakukan relaksasi

Ibu  hamil lebih cenderung memiliki kadar kortisol yang tinggi. Kadar kortisol memicu stres berlebihan pada tubuh. Akibatnya, ibu hamil akan sangat sulit tidur di malam hari, terutama kondisi fisik mereka yang tidak nyaman.

Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari dan sering dipicu oleh kondisi stres. Sangat baik untuk segera bersantai. Beberapa cara relaksasi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan yoga dan meditasi. Napas juga bisa dilakukan untuk membuat tubuh tenang dan kantuk muncul.

4. Membaca buku

Cobalah membaca buku dengan santai sampai kantuk muncul. Tempatkan buku di dekat bantal agar Anda dapat membaca kapan saja. Oh ya, jangan sesekali membaca dari laptop karena cahaya yang berlebihan bisa membuat kantuk hilang.

5. Mandilah dengan air hangat

Cara termudah yang bisa dilakukan agar Anda bisa tidur nyenyak, tetapi jarang dilakukan adalah mandi dengan air hangat. Dengan mandi air hangat, Anda bisa membuat tubuh Anda lebih rileks. Jika tubuh sangat rileks, Anda bisa tidur lebih cepat.

6. Pakailah pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang nyaman dan bersih. Ibu hamil sangat sensitif terhadap banyak hal. Jika pakaian yang digunakan terlalu kotor, tubuh akan mudah gatal dan akhirnya mengganggu tidur nyenyak.

Sebisa mungkin kenakan pakaian yang nyaman. Sebelum tidur disarankan untuk mandi dan kemudian menggunakan pakaian. Juga bersihkan kamar tidur sehingga ketika waktu tidur tiba, Anda bisa langsung tidur nyenyak tanpa gangguan.

Dan itulah beberapa ulasan tentang Cara Mengatasi Insomnia Pada Ibu Hamil. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda dapat dengan mudah tidur walaupun perut Anda terus bertambah. Semoga kehamilan yang Anda alami berjalan lancar dari awal hingga akhir.

tp

Please Wait....