3 Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan

3 Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan
Daftar Isi Artikel


Banyak wanita yang mengaku bahagia dan bingung ketika menemukan dua garis pada tes alat kehamilan. Senang karena usahanya berbuah dan dipercaya oleh Tuhan untuk menjadi calon orang tua. Dan bingung, sejak kapan kehamilan ini berlangsung.

Kekhawatiran semakin memuncak ketika mempertimbangkan kegiatan apa yang telah dilakukan, apakah itu dapat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan dan hal-hal lainnya.

Berikut adalah beberapa tips atau cara menghitung usia kehamilan yang dapat dilakukan dengan dua metode sederhana, yaitu melalui pemeriksaan USG atau secara manual menggunakan kalender. Seperti apa?

1. Menghitung menstruasi untuk menentukan usia kehamilan

Bunda bisa menghitung berapa lama dan tanggal berapa haid tiba. Secara umum, siklus menstruasi terjadi selama 28 hari. Hari Pertama Menstruasi Terakhir (HPHT) dapat dikatakan sebagai hari pertama kehamilan. Karena biasanya setiap wanita menganggap masa kehamilan harus dijalani dalam waktu rentan selama 9 bulan atau 40 minggu atau 280 hari.

2. Cara menghitung kehamilan secara manual

Bunda bisa melakukannya sendiri di rumah. Pastikan terlebih dahulu tentang Hari Pertama Menstruasi Terakhir (HPHT). Misalnya HPHT ditambah 7, angka 7 diperoleh dari bulan terakhir Bunda mengalami menstruasi. HPHT Bunda berarti perhitungannya adalah: Tanggal HPHT ditambah 7, lalu 20 + 7, 15-3 atau perhitungan bulan saat periode terakhir.

Misalnya tanggal HPHT Bunda jatuh pada 20 Mei 2020 lalu:

20 Mei 2020 + 1 tahun = 20 Mei 2021

20 Mei 2020 + 7 hari = 27 Mei 2020

27 Mei 2020 - 3 bulan = 27 Maret 2020

Bunda juga dapat menghitung periode kehamilan dengan metode 4 1/3. Metode ini dianggap cukup untuk memberikan kemudahan terutama bagi Bunda yang baru pertama kali menjalani kehamilan.

3. Mengetahui usia janin melalui metode ultrasonografi (USG)

Ingin hasil yang akurat tanpa khawatir dan bertanya-tanya, berapa usia kehamilan Bunda . Melalui metode USG transabdominal. Di mana alat ini bisa mengetahui bagaimana kondisi janin di dalam perut.

Ultrasonografi (USG) transbdominal biasanya dilakukan saat kehamilan Bunda  berusia 3 bulan. Sebelum melakukan USG ini, dokter biasanya akan bertanya tentang HPHT Bunda, untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Begitulah cara menghitung kehamilan yang bisa Bunda coba, harap dicatat bahwa metode ini valid atau tidak tergantung pada kondisi setiap orang.