Cara Ampuh Atasi Jerawat Saat Hamil

Cara Ampuh Atasi Jerawat Saat Hamil
Daftar Isi Artikel

Wanita hamil tidak bisa merawat wajah mereka dengan sembarangan. Ketakutan, obat yang digunakan untuk pengobatan, apakah jerawat atau pengobatan serupa, dapat masuk ke darah dan akhirnya mempengaruhi kesehatan janin selama pembuahan.

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia yang sangat berbahaya untuk menumbuhkan kembali janin yang mengandung sedan.

Cara merawat jerawat pada saat hamil

Wanita hamil harus dapat menjaga kesehatan tubuh mereka, termasuk wajah. Nah, untuk perawatan wajah, terutama mereka yang memiliki jerawat dapat menggunakan beberapa metode di bawah ini.

1. Menggunakan cuka sari apel

Gunakan cuka sari apel yang telah diencerkan dengan air suling atau air mineral. Setelah diencerkan, gunakan kapas untuk dioleskan pada wajah. Kelebihan kulit berminyak akan hilang dan akan mengubah kulit kasar dan kering. Lakukan metode ini jika perlu atau ketika kulit Anda terlihat berminyak.

Jangan sekali-sekali menggunakan cuka sari apel yang tidak bercampur dengan air suling atau mineral. Kandungan asam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi terlalu kering dan sakit. Ah, ya, ketika aplikasi dibuat dan ternyata kulit menjadi sangat kering, ada baiknya menghentikan metode ini.

2. Soda kue (Baking soda)

Sodium bikarbonat dapat digunakan untuk menghilangkan minyak dan menyembuhkan jerawat yang berlebihan. Sayangnya, metode ini tidak begitu direkomendasikan oleh dokter kulit karena dapat menyebabkan iritasi, sensitivitas dan meningkatkan minyak pada wajah yang juga berguna untuk melindungi permukaan dari infeksi bakteri yang mengganggu.

Metode ini hanya dapat digunakan jika jerawat muncul di wajah dalam jumlah besar. Jika jumlah jerawat di wajah kecil, tidak perlu menggunakannya. Penggunaannya hanya dilakukan dengan mencampur satu sendok makan soda kue dengan air.

3. Buah jeruk dan sejenisnya

Jus buah jeruk seperti lemon atau jeruk nipis dapat menyebabkan pori-pori membuka dan mengangkat sel kulit mati. Kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat menjaga kesehatan kulit wajah meskipun menyebabkan rasa sakit yang sangat kuat.

Oleskan jus jeruk langsung di wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih hingga terasa kasar. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan rasa sakitnya, encerkan jus jeruk yang digunakan.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau VCO bermanfaat sebagai antibakteri dan dapat menjaga kelembaban. Oleskan pada wajah terutama ke daerah yang memiliki jerawat. Lakukan sebelum tidur dan kemudian bilas besok.

5. Mentimun dan gandum

Campur kedua bahan ini sampai halus. Lalu oleskan ke wajah agar sensasi dingin bisa tersaring dan mengurangi peradangan yang terjadi, sehingga jerawat mudah mengempis dan tidak menyebar ke mana-mana.