Fakta Air Hangat Bisa Untuk Kesehatan

Fakta Air Hangat Bisa Untuk Kesehatan
Daftar Isi Artikel

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Anda jarang minum air hangat dengan sengaja. Dibandingkan dengan air dingin yang dingin bersama dengan es batu yang paling praktis, air hangat harus melalui proses memasak dan harus dibiarkan lama setelah direbus untuk minum.

Padahal, air hangat memiliki banyak manfaat lebih bagi tubuh daripada air dingin. Nah, apa manfaat yang bisa kita rasakan jika kita minum air hangat secara teratur? Ayo, simak ulasannya berikut ini!

- Memperlancar sirkulasi darah

Air panas dapat memicu vasodilatasi dalam tubuh kita. Vasodilatasi adalah pelebaran pembuluh darah sehingga pori-pori kulit terbuka dan mengeluarkan uap atau cairan. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi lebih lembut.

Tidak mengherankan, air panas dapat menghindari risiko penyakit yang mengganggu sistem peredaran darah, seperti stroke.

- Efek relaksasi

Air hangat juga memiliki efek relaksasi atau peregangan otot dan perasaan rileks. Dampak ini bisa dirasakan terutama ketika menggunakan air hangat untuk mandi atau mandi.

Mandi di Jepang umumnya berlaku ini. Tujuannya adalah sebagai sarana untuk menghilangkan stres, sehingga meski dengan stres dan beban yang kita alami, air hangat bisa menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran dan tubuh.

- Mencegah Gangguan Susah Tidur (INSOMNIA)

Insomnia tidak hanya menyerang lansia yang kesulitan menikmati tidur dalam waktu lama. Anak-anak, remaja dan orang dewasa juga dapat mengalaminya. Sebagian besar penyebab berasal dari stresor.

Air hangat dapat membantu seseorang melepaskan stres karena efek relaksasi yang dihasilkannya. Dapat diambil langsung atau digunakan untuk mandi.

- Mengurangi rasa sakit saat Menstruasi

Informasi ini sangat baik untuk anak perempuan. Ternyata air hangat juga bisa meredakan rasa sakit saat menstruasi. Rasa sakit yang disebabkan oleh kontraksi di rahim dapat rileks dengan sesuatu yang hangat. Contohnya adalah air hangat.

- Membersihkan pori Kulit

Air panas juga memiliki kemampuan membersihkan kulit lebih baik daripada air bersuhu normal. Ketika kulit diirigasi dengan air hangat, pembuluh darah akan mengembang sehingga pori-pori terbuka dan kotoran yang terperangkap di sana bisa mengalir bebas.

Nah, itulah manfaat air hangat yang bisa Anda rasakan. Tidak perlu menunggu suhu dingin atau musim hujan untuk terapi air hangat. Semoga bermanfaat !