Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil Agar Janin Sehat

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil Agar Janin Sehat
Daftar Isi Artikel

Kehamilan adalah waktu yang ditunggu-tunggu untuk semua wanita. Jika Anda ingin mempersiapkan kehamilan anak pertama, atau Anda mungkin ingin memiliki lebih banyak anak setelah anak cukup besar untuk menjadi kakak laki-laki.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa mengalami kehamilan yang sehat.
Perlu diingat bahwa masa kehamilan adalah 1000 hari pertama kehidupan yang akan menentukan kualitas kesehatan anak Anda di masa depan.

Banyak wanita keliru bahwa mempersiapkan kehamilan adalah ketika mereka hamil.
Tentunya sebelum hamil, semua orang harus bersiap diri agar janin yang dikandung dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa persiapan sebelum memulai program kehamilan dapat meningkatkan kesuburan, kehamilan yang lebih nyaman, janin yang sehat dan melahirkan bayi yang sehat.
Sebelum mempersiapkan kehamilan, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam masa persiapan menuju proses kehamilan.

Apa saja persiapan untuk kehamilan yang penting untuk diingat? Yukdietsehat.com telah menyimpulkannya untuk Anda ketahui.

- Hindari Stress

Persiapan sebelum kehamilan juga membutuhkan persiapan mental yang baik dari calon ibu. Wanita yang merencanakan kehamilan yang dapat mengatasi stres, kesedihan, kecemasan atau kekhawatiran sangat disarankan untuk mendukung keberhasilan program kehamilan mereka.

Karena, ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan calon ibu dan janin, lho.
Munculnya stres adalah hal biasa bagi semua orang, terutama ketika mereka menikah dan memiliki tekanan lebih dari sebelumnya.

Ketika stres menyerang wanita hamil, proses ovulasi berisiko terkena gangguan. Wanita dengan tingkat stres tinggi dapat melepaskan telur 20 persen lebih sedikit daripada wanita dengan tingkat stres lebih rendah.Padahal, jumlah telur sangat penting untuk mendukung proses pembuahan.
Karena itu, penting sejak awal untuk mengelola stres.

- Menjaga Makan & Fisik 

Ketika merencanakan proses kehamilan, keadaan kesehatan sebelum periode konsepsi itu sendiri ternyata penting, Ma. Ini menentukan baik atau tidaknya kehamilan kita nanti.
Jika dietnya belum teratur atau Anda masih senang makan makanan cepat saji, cobalah untuk mulai mempertahankan diet yang lebih sehat.

Selain mempertahankan pola makan, Anda juga disarankan tetap sehat secara fisik dan sehat selama proses sebelum kehamilan.Olahraga yang dilakukan sebelum kehamilan juga dapat membantu tubuh menghadapi perubahan yang akan dialami selama kehamilan dan persalinan.

Doter menyarankan meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit selama 5 hari seminggu, baik sebelum kehamilan atau selama kehamilan.Namun, semuanya disesuaikan kembali ke pintu masuk masing-masing dokter.

- Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Pemeliharaan diet yang sehat juga harus dilengkapi dengan kandungan gizi yang harus diperhatikan ibu masa depan sebelum kehamilan.Nutrisi makro dan mikro adalah sesuatu yang juga harus dipertimbangkan, Bu Nutrisi makro seperti karbohidrat, protein atau lemak, serta zat gizi mikro seperti berbagai jenis vitamin, mineral dan juga zat besi dan asam folat.

dr. Ali juga menjelaskan bahwa zat gizi mikro adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia dalam jumlah kecil untuk menjalankan fungsi fisiologis.Jadi, jangan lupa memenuhi nutrisi nutrisi ini, Bu. Jangan lupa periksa, apakah sudah terpenuhi?

- Hindari Asap Rokok

Wanita sangat disarankan untuk berhenti merokok begitu mereka ingin mempersiapkan kehamilan, ini untuk melindungi kesehatan calon ibu dan janinnya.

Sayangnya, meski berhenti merokok, bahaya asap rokok masih menghantui wanita yang sedang bersiap atau sedang hamil.Cobalah untuk menghindari tempat-tempat yang penuh dengan asap rokok. Jika suami Anda juga seorang perokok, coba katakan padanya untuk berhenti merokok untuk menjaga kesehatan dan janinnya di masa depan.

- Edukasi Tentang Kehamiilan

Hal penting lain yang perlu diingat ketika mempersiapkan kehamilan adalah untuk mendidik diri sendiri tentang kehamilan.Dengan kemajuan teknologi saat ini, jejaring sosial sebenarnya adalah wadah yang banyak digunakan oleh wanita hamil untuk mendapatkan informasi tentang kehamilan.

Namun, jarang dengan informasi yang diperoleh dari sumbernya, wanita hamil sering takut dengan banyak mitos yang tersebar tanpa kejelasan.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ali menjelaskan bahwa penting bagi wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan atau yang hamil untuk mendapatkan informasi tentang kehamilan dengan baik.Ini untuk mendapatkan informasi yang benar tentang kehamilan tanpa menjadi menakutkan.

"Jika sampah diterima, sampah juga akan dilepas nanti," jelas Dr. Ali

Jadi, jangan hanya menerima informasinya, bu. Lebih baik berpartisipasi dalam acara yang mendidik tentang kehamilan, atau Anda dapat memeriksa semuanya dengan dokter kandungan.Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum hamil. Ayo, jalani kehamilan yang sehat!