Makanan ini Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Makanan ini Bisa Menurunkan Darah Tinggi
Daftar Isi Artikel

Tekanan darah tinggi mengacu pada tekanan darah terhadap dinding arteri. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan dan pada akhirnya menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan masalah lainnya.

Hipertensi kadang-kadang disebut sebagai silent killer karena tidak memiliki gejala, kadang tidak diobati selama bertahun-tahun, tetapi ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Banyak faktor risiko tekanan darah tinggi di luar kendali Anda, seperti berikut:

  • Usia
  • Sejarah keluarga (Riwayat)
  • Jenis kelamin
  • Ras

Namun ada juga faktor yang bisa dikendalikan, seperti olahraga dan diet. Makanan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah adalah kalium, magnesium, serat..

Berikut ini ringkasan informasi makanan apa yang dapat membantu Anda melawan hipertensi :

~ Buah Berry

Berry, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah. Buah-buahan yang termasuk dalam kelompok berry, yaitu blueberry, raspberry dan stroberi mudah didapat, selain itu buah-buahan ini bisa melengkapi diet Anda.

Anda dapat menggunakan buah ini untuk menambahkan sereal atau granola di pagi hari atau menyimpannya beku untuk hidangan penutup yang cepat dan sehat.

~ Susu Skim

Susu skim adalah sumber kalsium yang sangat baik dan rendah lemak, itu adalah nutrisi penting untuk menurunkan tekanan darah orang dengan tekanan darah tinggi. Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima atau lebih porsi susu skim seminggu mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

~ Konsumsi ikan

Ikan merupakan sumber protein ikan berlemak seperti itengiri, pembengkakan dan salmon yang kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi peradangan dan trigliserida. Selain sumber ikan ini, ikan air tawar jenis ini juga mengandung vitamin D.

Makanan jarang mengandung vitamin D, dan vitamin seperti hormon ini memiliki sifat yang dapat menurunkan tekanan darah.

Salah satu keuntungan dari mengkonsumsi ikan adalah mudah dibumbui dan dibumbui, untuk mencobanya, letakkan fillet salmon di atas kertas perkamen dan bumbui dengan rempah-rempah, lemon dan minyak zaitun. Panggang ikan dalam oven panas pada suhu 450 ° F selama 12-15 menit.

~ Dark Chocolate

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa makan cokelat hitam atau cokelat hitam dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular (CVD) yang lebih rendah, penyakit kardiovaskular yang terkait dengan jantung dan pembuluh darah.

Studi ini menunjukkan bahwa hingga 100 gram cokelat hitam per hari dapat mengurangi risiko CVD.

Cokelat hitam mengandung lebih dari 60 persen kakao padat dan memiliki lebih sedikit gula daripada cokelat biasa. Anda dapat menambahkan cokelat hitam ke yogurt atau memakannya dengan buah-buahan, seperti stroberi, blueberry atau raspberry, sebagai makanan penutup yang sehat.

~ Sayuran Hijau

Kalium membantu ginjal menghilangkan lebih banyak natrium melalui ekskresi urin, sehingga membantu mengurangi tekanan darah.

Sayuran hijau kaya akan kalium dan bisa menjadi menu sehari-hari, antara lain:

  • Selada romaine
  • arugula
  • kubis
  • lobak hijau,
  • sawi hijau
  • bayam
  • bit hijau

Ini semua adalah sayuran yang bisa mengurangi tekanan darah.

Sayuran beku mengandung nutrisi sebanyak sayuran segar dan lebih mudah disimpan, Anda juga dapat mencampurkan sayuran ini dengan pisang dan susu kacang untuk mendapatkan jus hijau yang sehat dan manis. Hindari sayuran kaleng karena biasanya sayuran telah ditambahkan dengan natrium.

~ Buah Pisang

Mengonsumsi makanan kaya kalium lebih baik daripada mengonsumsi suplemen, kalium menurunkan tekanan darah dalam tubuh, salah satu buah yang mengandung kalium adalah pisang. Iris pisang menjadi sereal atau oatmeal untuk mengisi kembali nutrisi kalium dalam tubuh.

Pisang memiliki rasa manis dan sah dan sangat lezat untuk dimakan, selain itu pisang juga memberi Anda rasa kenyang lebih lama, menjadikannya ideal bagi mereka yang sedang diet.

Ada banyak cara untuk mengurangi tekanan darah dalam tubuh Anda, rajin makan makanan sebelumnya karena akan membantu Anda mengurangi tekanan darah tinggi yang Anda derita, dan ada banyak manfaat yang juga akan Anda rasakan, semoga sukses!