Makanan Yang Paling Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Paling Baik Untuk Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel

Untuk ibu, nutrisi selama kehamilan bermanfaat untuk memberikan 'bahan bakar' bagi tubuh sehingga tubuh ibu tetap bisa bergerak dengan baik dan mencegah ibu hamil kelebihan berat badan. Kegemukan selama kehamilan dapat mengakibatkan komplikasi seperti infeksi saluran kemih, insomnia dan pembekuan darah. Kegemukan dapat menyebabkan diabetes gestasional atau preeklamsia. Adapun calon bayi, gizi yang memadai sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan, mengurangi risiko kelahiran prematur atau berat badan lahir rendah.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan gizi seimbang, Ibu harus didorong untuk makan berbagai makanan. Untuk mempermudah, berikut ini adalah makanan yang baik untuk ibu hamil.

Pada dasarnya, untuk mendapatkan gizi seimbang, Ibu hamil harus didorong untuk makan berbagai makanan yang sehat. Untuk mempermudah, berikut ini adalah makanan yang paling baik untuk ibu hamil.

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah produsen energi primer untuk mendukung pertumbuhan janin, oleh karena itu, disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi  karbohidrat sebanyak sepertiga dari total asupan harian Anda. Tetapi ingat, jadi bukan karbohidrat prioritas seperti pola makan kita biasanya, ya.

Karbohidrat dapat disempurnakan biji-bijian seperti roti putih, pasta dan nasi putih. Namun, untuk pilihan karbohidrat lebih sehat, dia bisa memilih misalanya biji-bijian seperti gandum, barley (biji jali), quinoa atau beras merah. Seluruh biji-bijian juga bermanfaat untuk menjaga kolesterol, tekanan darah dan mempertahankan berat badan selama kehamilan. karbohidrat ini dianjurkan untuk mengkonsumsi tiga porsi per hari.

2. Buah-buahan

Mengapa kita disarankan untuk meningkatkan konsumsi buah-buahan selama kehamilan? karena kehamilan sangat membutuhkan beta karoten, vitamin C dan asam folat. Beta karoten yang terkandung dalam blewah misalnya, berguna untuk pengembangan jaringan dan sel janin, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan visi sehat. Vitamin C, yang berguna untuk pembentukan kolagen dan jaringan ikat pada janin. Sumber vitamin C misalnya, mangga, kiwi, melon melon atau stroberi. Sedangkan contoh buah yang mengandung asam folat seperti beberapa jenis buah dan jeruk.

Agar tidak bosan. Bisa makan buah sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil dengan cara yang berbeda. Misalnya, selain buah segar, bisa juga, di sini, makan buah beku, misalnya, dibuat jus, puding atau smoothie. Jangan lupa untuk makan tiga porsi buah per hari.

3. Sayur-mayur

Buat ibu-ibu yang biasanya tidak suka makan sayur, yuk, segera mengubah kebiasaan ini. tahukan, salah satu yang baik makanan untuk ibu hamil adalah asam folat? Nah, sayuran juga dapat membantu memenuhi kebutuhan ini. Asam folat berperan penting untuk mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat tabung saraf (cacat pada otak dan sumsum tulang belakang) termasuk spina bifida.

Asam folat adalah yang paling berlimpah dalam sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, kubis, dll folat asam juga terkandung dalam beberapa jenis kacang-kacangan. Sayuran juga memberikan kontribusi kebutuhan vitamin C, seperti tomat atau brokoli.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, disarankan untuk mengkonsumsi tiga porsi sayuran per hari. Bahkan, ibu hamil seharusnya mengonsumsi asam folat dalam bentuk lain (misalnya suplemen) sejak merencanakan kehamilan, karena ibu hamil sering tidak menyadari kehamilannya sampai dia melewati waktu menstruasi.

Selain itu, sayuran dan buah-buahan juga berperan dalam menyediakan kebutuhan serat selama kehamilan, yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan, tentu saja, ditambah dengan jumlah yang cukup air. Pastikan bahwa Anda harus mencuci buah dan sayuran dengan baik, karena lahan bekas melekat pada buah atau sayuran dapat mengandung toksoplasma atau memasak pertama yang aman.

4. Olahan Susu

Bahkan, mengonsumsi cukup kalsium selama kehamilan tidak hanya bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Kalsium juga penting untuk pembentukan otot, fungsi saraf, keseimbangan cairan tubuh, dan kontrol pembekuan darah. Jika ibu hamil tidak cukup mengonsumsi kalsium, tubuh akan menyerap kalsium dari tulang, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan ibu kemudian, misalnya osteoporosis.

Selain susu sapi, pilihan adalah sumber kalsium, tahu, almond, telur, jeruk, sayuran hijau dan makanan laut. Saran untuk kalsium adalah tiga sampai empat porsi per hari.

Pola makan yang seimbang dan bergizi sebenarnya juga dapat membantu mengurangi mual dan mencegah sembelit, lo Bun. Nah, berapa banyak kalori tambahan yang dibutuhkan setiap ibu hamil berbeda, oleh karena itu, perlu berkonsultasi dengan dokter Anda. Hal ini tidak cukup makanan bergizi untuk makan, untuk tetap sehat selama kehamilan, ibu, juga, perlu olahraga teratur selama kehamilan, menjaga berat badan dan suplemen tambahan jika direkomendasikan.