Encrypting your link and protect the link from viruses, malware, thief, etc! Made your link safe to visit.

Rutin Zumba Baik untuk Program Hamil dan Kesuburan


Olahraga teratur adalah salah satu gaya hidup sehat yang perlu dipertimbangkan, termasuk ketika Bunda  Sedang menjalani program  hamil. Dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih siap untuk hamil. Nah, dari berbagai olahraga yang bisa dipilih untuk program hamil, zumba menjadi salah satu pilihan populer.

Apa benar Zumba Benar-benar baik untuk program hamil? Nah, mari kita simak dulu ringkasan informasi berikut ini :

1. Olahraga Zumba

Dikutip dari Web MD, zumba adalah olahraga yang membutuhkan energi tinggi untuk berbagai jenis gerakan aktif dilakukan. Menggunakan musik dan tari gerakan ceria khas gaya, zumba semakin populer.

Ada beberapa jenis zumba. Mulai dari Aqua Zumba atau zumba yang dilakukan di dalam air, sampai Zumba Toning dikombinasikan dengan latihan beban untuk membakar kalori ekstra dan latihan kekuatan.

Melakukan zumba selama sekitar 60 menit membakar rata-rata 369 kalori. Selain membantu untuk membakar lemak, juga Zumba disukai karena membantu memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas.

2. Zumba Sangat Baik Untuk Program Kehamilan

Seperti dilansir Parents, jangan menunda keinginan untuk program olahraga secara teratur saat hamil. Karena kebiasaan ini dapat membantu mempersiapkan tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental bunda menjelang kehamilan.Selain membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan, olahraga teratur juga membuat bunda lebih berstamina untuk menjalani Program hamil.

olahraga tingkat sedang, termasuk zumba, bahkan mungkin meningkatkan kesuburan bunda, jika memiliki riwayat sulit hamil. Misalnya, karena sindrom ovarium polikistik, atau PCOS.

Jika bunda berpikir untuk menunda latihan rutin sampai itu positif hamil, maka memahami bahwa penting untuk berada dalam kondisi fisik terbaik selama hari-hari kritis perkembangan janin pada awal kehamilan.

Ingat, kesehatan ibu memiliki korelasi langsung dengan kesehatan bayi. Oleh karena itu, sebelumnya bunda memulai latihan rutin, semakin baik efek pada kesuburan dan kehamilan kemudian.

3. Seberapa sering zumba harus dilakukan ketika program hamil?

Saat program hamil, lakukan olahraga (termasuk zumba, berenang dan jogging) selama minimal 30 menit per hari. Meningkatkan denyut jantung Anda secara teratur akan membantu tubuh bunda dalam kondisi yang lebih baik untuk program hamil.

Selain itu, mempersiapkan tubuh untuk aktif secara fisik juga membantu bunda lebih mudah untuk menjalani masa awal kehamilan.

4. Efek olahraga berlebihan pada kesuburan

Meskipun olaraga itu baik, tetapi jika dilakukan secara berlebihan dan tidak seimbang dengan gizi yang cukup, efeknya dapat mengganggu kesuburan.

Ya, masalah bisa timbul saat tubuh dalam keadaan defisit energi, yaitu bunda membakar kalori lebih dari yang dikonsumsi. Seperti dikutip dari Ava Women.

Hal ini karena sistem reproduksi pada dasarnya bunda sangat sensitif terhadap defisit energi. Salah satunya adalah gangguan menstruasi yang tidak teratur dan ketidakseimbangan hormon kesuburan, bun. Ketika defisit energi, tubuh bunda juga menjadi lebih mudah lelah dan tidak dapat bekerja secara optimal.

5. Manfaat olahraga zumba bagi kesehatan

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda tentang bunda ingin zumba  secara rutin ketika program hamil. Karena pada dasarnya, zumba memiliki banyak manfaat kesehatan.

Zumba memiliki banyak gerakan aktif. Oleh karena itu, sampaikan jika ada instruktur tentang masalah kesehatan di sendi dan masalah keseimbangan, ya. Jangan lupa untuk tetap tenang dan terhidrasi selama zumba.

Hindari memaksa diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang aktif saat bunda memiliki masalah gangguan pada lutut atau sendi.

Karena tingginya tingkat pergerakan di zumba, juga diyakini menjadi latihan yang baik untuk membakar kalori ekstra, tubuh membentuk, dan memperkuat otot-otot. Termasuk juga berguna jika bunda memiliki riwayat gula darah tinggi dan diabetes, karena gula darah perlahan-lahan menurunkan bila tingkat energi bunda naik.

Selain menurunkan berat badan, zumba juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

tp

Please Wait....