Bolehkan Saat Hamil Makan Buah Durian?

Bolehkan Saat Hamil Makan Buah Durian?
Daftar Isi Artikel


Buah durian dapat dikatakan buah yang paling disukai dan populer di Asia Tenggara. Tekstur buah yang lembut, rasa manis dan bau yang khas, durian menjadi buah favorit bagi sebagian banyak orang. Selain rasanya yang lezat, durian kaya akan nutrisi, seperti folat, kalsium, serat, magnesium, niasin, tiamin, vitamin A, C, E dan nutrisi lainnya.

Meskipun lezat, bergizi, wanita hamil mungkin merasa khawatir tentang bahaya buah durian cenderung tinggi karena gula. Jadi, amankah ibu hamil makan durian?

Bolehkan Saat Hamil Makan Buah Durian?

Jangan khawatir, wanita hamil masih  bisa makan durian. manfaat dari buah durian untuk wanita hamil karena kandungan gizi. asam folat Durian mencegah cacat lahir pada bayi. Serat yang ada di buah durian juga sangat bermanfaat bagi wanita hamil yang berisiko sembelit.

Tidak hanya itu, durian juga memiliki anti bakteri, anti-jamur dan anti-mikroba, sehingga masih aman untuk dimakan selama kehamilan. Kandungan antioksidan dalam kandungan durian untuk seorang wanita hamil dapat melindungi terhadap radikal bebas dan polusi. Meskipun banyak manfaat, ibu tetap harus tahu porsi saat konsumsi durian.

Selama kehamilan, ibu disarankan untuk mengkonsumsi durian dalam jumlah yang sedang saja. Makan berlebihan durian dapat meningkatkan berat badan bayi. Ukuran bayi terlalu besar berisiko ibu sulit saat melahirkan. Hal ini karena durian memiliki jumlah kalori dan gula cukup tinggi. Biasanya, kenaikan berat badan selama kehamilan berkisar 12-16 kilogram.

Tips Makan Durian Untuk Ibu Hamil

Ada beberapa tips untuk makan durian supaya kehamilan tetap normal dan tidak mengganggu perkembangan bayi. Makan buah durian, yaitu tidak lebih dari 2 buah. Juga, hindari makan durian terlalu sering. Pilih durian yang tidak matang dan tidak memiliki daging yang tebal. Durian terlalu matang dan tebal dapat meningkatkan kolesterol. Jangan lupa untuk minum banyak air setelah konsumsi durian.

Wanita hamil yang menderita kondisi tertentu, seperti diabetes gestasional, memiliki riwayat keluarga diabetes, mengalami obesitas disarankan untuk tidak mengkonsumsi durian. Selain itu, wanita hamil pada trimester ketiga juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi durian.

Sumber : Halodoc.com