Inilah Alasan Kenapa Mens Terlambat Saat Konsumsi Pil KB

Inilah Alasan Kenapa Mens Terlambat Saat Konsumsi Pil KB
Daftar Isi Artikel

Alasan Kenapa Mens Terlambat Saat Konsumsi Pil KB - Tidak sedikit wanita yang sedang mengalami terlambat haid berpikir bahwa dia hamil. Karena kehamilan bisa diketahui jika seorang wanita terlambat datang bulan.

Sebenarnya ada banyak faktor lain yang membuat menstruasi terlambat. Menstruasi adalah sebuah siklus bulanan di mana lapisan rahim yang mengandung banyak darah kotor, dan keluar dari kelamin wanita karena pembuahan tidak terjadi. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda, ada yang panjang, ada yang pendek dan tidak teratur.

Jika bunda mengendalikan kehamilan menggunakan pil KB, mungkin cara ini salah satu alasan mengapa haid terlambat. Hal ini karena pil bekerja dengan memasukkan hormon yang berbeda dalam sistem tubuh, sehingga pil ini dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

Jika Anda sedang konsum pil KB, Inilah Alasan Kenapa Mens Terlambat Saat Konsumsi Pil KB yang sudah kami rangkum mudah-mudahan ini bisa menjadi jawaban mengapa Bunda terlambat Haid bulanan.

Alasan Kenapa Mens Terlambat Saat Konsumsi Pil KB

1. Mengalami Stress

Stres yang berlebihan tentu akan mempengaruhi pikiran dan tubuh. Jika anda terlalu sering merasa stres itu akan merusak fungsi hipotalamus, yang merupakan bagian dari otak yang regulasi kontrol hormon.

Jika bunda merasakan ini, mulai dengan mencari sumber stres dan mengelola tingkat stres untuk bantuan menstruasi bunda kembali rutin sesuai jadwal.

2. Sedang Diet

Jika berpikir diet adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan, Bunda juga perlu mempertimbangkan agar tidak mengganggu siklus menstruasi.

Untuk mengubah kebiasaan makan Anda dan menurunkan berat badan terlalu cepat bisa mengganggu siklus menstruasi. berat badan rendah, terutama jika bunda termasuk dalam 10% kekurangan berat badan atau lebih, juga dapat menghentikan tubuh dari berovulasi dan mempertahankan siklus teratur.

Wanita dengan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia bisa sangat resiko alami menstruasi terlambat. Harus mempertimbangkan lagi makanan yang akan dikonsumsi untuk menjaga gizi seimbang bagi tubuh.

3. Olahraga Terlalu Banyak

Terlalu banyak olahraga juga dapat mengganggu kadar hormon dan bisa berhenti menstruasi. Tentu saja, olahraga teratur dalam jumlah sedang adalah cara yang bagus untuk tetap sehat dan bugar.

Jika Anda ingin memiliki kehidupan yang sehat, cobalah untuk memulai diet sehat dan olahraga yang cukup yang tidak terlalu berat tapi rutin. Hal ini tentu saja dapat menghindari Mens terlambat.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Pil KB

Beberapa wanita memilih untuk mengambil pil KB terus menerus. Dengan menggunakan pil KB terus menerus ternyata menjadi kendala datangnya menstruasi bulanan. Selain pil, tidak jarang orang yang menggunakan KB suntik ini juga akan mengalami terlambatnya mens.

Cara kerja pil KB dapat mempengaruhi siklus menstruasi Bunda. Begitu banyak wanita mengalami perdarahan ringan, dan kadang-kadang dapat melewatkan Mens mereka.

Meskipun banyak wanita menggunakan pil KB untuk mencegah kehamilan, pil juga dapat digunakan untuk membantu masalah haid, seperti kram parah dan pendarahan berat.

ketika bunda konsumsi pil KB, perdarahan ringan atau mens yang terlewat mungkin normal. Bunda dapat menghubungi dokter atau tes kehamilan di rumah untuk menenangkan pikiran jika telat mens menandakan kehamilan.