Inilah Pekerjaan Rumah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil

Inilah Pekerjaan Rumah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel

Setiap ibu hamil akan ingin menjaga baby tetap dalam kondisi baik-baik saja sampai hari melahirkan tiba. Kehamilan perlu dipertahankan, yaitu dengan tidak ada aktivitas berat.

Namun, menurut dr.Alfiben, Sp.OG, meskipun aktivitas fisik harus dibatasi, tapi itu tidak berarti wanita hamil harus sering diam. Karena wanita hamil hanya tidur siang atau bermalas-malasan sebenarnya menyebabkan kondisi fisik lesu ibu dan tidak sehat. Ini akan menyebabkan sirkulasi darah pada ibu tidak lancar.

Sebaliknya, wanita hamil harus melakukan aktivitas normal karena dapat menyehatkan tubuh. Tapi dengan catatan, Bumil yang tidak memiliki masalah kehamilan seperti pendarahan atau tekanan darah tinggi, serta kegiatan pekerjaan rumah yang tidak berat.

Berikut, beberapa pekerjaan rumah tangga yang dilakukan yang tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Karena dapat menyebabkan resiko pada kehamilan, Dikutip dari berbagai sumber.


Pekerjaan Rumah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil


1. Membersihkan sesuatu dengan bahan kimia

produk kimia bisa berbahaya bagi wanita hamil. Ibu hamil dapat memilih produk alami, seperti cuka atau baking soda untuk membersihkan sesuatu. Jika Anda benar-benar harus menggunakan produk kimia, menggunakannya di moderasi. Selalu memakai sarung tangan, tutup mulut, dan pastikan ruangan yang berventilasi baik.

2. Jangan menyentuh kotoran kucing

Membersihkan kotoran kucing harus dihindari selama kehamilan. Karena kotoran kucing yang mengandung parasit yang menyebabkan infeksi toksoplasmosis. infeksi ini tidak akan mengganggu Bumil, tapi akan mematikan bagi bayi dalam kandungan yang sedang berkembang.

3. Menghindari Memanjat

Wanita hamil disarankan untuk tidak Memanjat di bangku atau tangga. Melakukan hal ini dapat menempatkan Bumil  berisiko kehilangan keseimbangan dan jatuh. Apa pun alasannya, selalu menunggu bantuan, apakah akan mengganti bola lampu atau mengambil Sesuatu di atas lemari.

4. Membawa beban berat

Hindari membawa barang-barang berat. Benda seperti seember air, tabung gas, dan yang lainnya tidak dianjurkan untuk wanita hamil mengangkat barang berat itu. Karena bisa berbahaya bagi tubuh ibu, terutama jika ibu memiliki kondisi plasenta previa.

5. Penyemprotan serangga dengan pestisida

Wanita hamil juga harus menghindari paparan obat nyamuk cair. Jadi cobalah untuk meminta bantuan orang lain jika ingin melakukan kegiatan tersebut contohnya kepada suami. Selain itu, wanita hamil juga disarankan untuk tidak masuk ke dalam sebuah ruangan yang baru saja disemprot cairan obat nyamuk.

6. Mengepel lantai dengan tongkat

Mengepel dengan tongkat bisa menyebabkan wanita hamil menderita linu panggul dan saraf sciatic. Tidak hanya pel, kegiatan lain yang membuat ibu harus membungkuk ke depan bisa membuat resiko pada kehamilan .