Cara Aman Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi

Cara Aman Mengatasi Lidah Putih Pada Bayi
Daftar Isi Artikel

Lidah berwarna Putih pada bayi tidak selalu menunjukkan si kecil menderita masalah kesehatan yang serius. Tetapi, itu bisa jadi ketika muncul lapisan putih di lidah, Bayi mulai malas untuk menyusu atau makan. Jika begitu, Bunda perlu waspada karena jika bayi mogok makan bisa mengganggu pertumbuhan.

Lalu apa penyebab lidah bayi menjadi putih ? Berikut rangkumannya :

Lidah putih karena infeksi jamur

lidah putih pada bayi dapat menjadi tanda infeksi jamur. infeksi jamur sering disebut oral thrush yaitu infeksi jamur di mulut. Biasanya, infeksi ini tidak berbahaya dan mudah diobati. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini sangat mengganggu bayi dengan menyebabkan rasa sakit membuatnya malas untuk menyusu atau makan.

Ciri utama dari sariawan pada bayi adalah lapisan putih di lidah bayi. Selain lidah, bercak putih juga terlihat di bagian lain dari mulut. Lapisan ini mungkin terlihat seperti dadih dan biasanya tidak mudah dihapus atau dibersihkan.

Jamur pada lidah bayi dapat menyebabkan infeksi

Oral thrush disebabkan oleh spesies jamur atau patogen jamur Candida albicans. Spesies jamur ini adalah penyebab infeksi yang disebut candidiasis pada kulit dan organ internal.orang dewasa yang sehat memiliki jamur ini di mulut dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Tetapi jika tumbuh terlalu cepat, dapat menginfeksi lapisan mulut.

Bayi berisiko tinggi oral thrush karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang, sehingga mereka kurang mampu melawan infeksi. terutama pada bayi yang lahir prematur (sebelum 37 minggu kehamilan) karena sistem kekebalan tubuh tidak kuat. Jadi jika bayi diobati dengan antibiotik juga berisiko mengembangkan oral thrush. Antibiotik juga selain menghilangkan bakteri jahat, juga mengurangi kadar bakteri baik di mulut bayi. Penurunan bakteri baik di mulut dapat meningkatkan kadar jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

Tips dari IDAI untuk mencegah sariawan pada bayi Jamur pada mulut bayi dapat dicegah dengan cara ini :

- Makan perlahan agar bibir atau lidah tidak digigit
- Bersihkan mulut pada bayi dengan rutin minimal 2 kali sehari.
- Meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengandung vitamin C, B2, B5, dan asam folat sangat berguna untuk mencegah sariawan.
- Mensterilkan teether secara teratur. Botol dan peralatan makan juga harus disterilkan setelah digunakan.
- Selalu jaga Kebersihan tangan, terutama setelah mengganti popok.