Manfaat Air Kelapa untuk Kehamilan

Manfaat Air Kelapa untuk Kehamilan
Daftar Isi Artikel

Air kelapa asli memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan untuk ibu hamil, air kelapa memiliki manfaat yang belum diketahui banyak orang. Selama masa kehamilan, makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil akan berpengaruh pada janin dalam kandungan. Oleh sebab itu, penting bagi wanita yang sedang mengandung memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuhnya. Nah, berikut ini manfaat air kelapa untuk kehamilan.

Manfaat Air Kelapa untuk Kehamilan

Mengonsumsi air kelapa selama masa kehamilan baik bagi kesehatan, berikut manfaatnya:

1.    Sumber Elektrolit dan Mengurangi Kelelahan

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan, untuk itu dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang sehat. Air kelapa murni merupakan minuman penghasil elektrolit yang mampu mengurangi kelelahan. Saat mengalmi morning sickness seperti muntah dan kehilangan banyak cairan, air kelapa mampu menggantikan cairan yang hilang dan menghidrasi tubuh, sehingga tidak mudah lelah.

2.    Sumber Elektrolit dan Mengurangi Kelelahan

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan, untuk itu dibutuhkan asupan makanan dan minuman yang sehat. Air kelapa murni merupakan minuman penghasil elektrolit yang mampu mengurangi kelelahan. Saat mengalmi morning sickness seperti muntah dan kehilangan banyak cairan, air kelapa mampu menggantikan cairan yang hilang dan menghidrasi tubuh, sehingga tidak mudah lelah.

3.    Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Salah satu masalah yang kerap dialami wanita dalam masa kehamilan yaitu infeksi saluran kencing. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon dan adanya perkembangan rahim yang menekan kandung kemmih. Mengonsumsi air kelapa dapat membantu ibu hamil mengeluarkan urine dengan lancar, sehingga mencegah infeksi saluran kemih atau kencing.

4.    Menjaga Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung kalsium, protasium dan klorida tinggi yang berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Memiliki kadar gula rendah, sehingga aman dikonsumsi. Selain itu, kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin di dalamnya membantu melawan penyakit atau infeksi.

5.    Mengontrol Lemak selama Masa Kehamilan

Menjaga kadar lemak selama masa kehamilan sangat penting, caranya dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Nah, air kelapa menjadi salah satu asupan sehat bagi ibu hamil karena tidak mengandung kalori. Selain itu, air kelapa segar juga mampu mengurangi kadar kolesterol atau lemak dalam tubuh. Namun, selain mengonsumsi air kelapa untuk mengontrol lemak, ibu hamil tetap disarankan melakukan olahraga ringan yang dianjurkan.

6.    Mengatasi Sembelit dan Heartburn

Heartburn atau naiknya asam lambung dan sembelit kerap dialami oleh ibu hamil. Selain menggunakan obat dokter, air kelapa dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi sembelit, memperbaiki dan memperkuat sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, air kelapa dapat mengatur kadar pH di dalam tubuh, mencegah naiknya asam lambung dan memperbaiki metabolisme.

7.    Mempercepat Pertumbuhan Janin

Manfaat air kelapa untuk kehamilan yang utama adalah membantu pertumbuhan janin. Tak hanya menyehatkan ibu hamil, air kelapa juga berkhasiat untuk janin dalam kandungan. Air kelapa membantu menciptakan lingkungan sehat dalam kandungan bagi janin, sehingga tumbuh kembang janin menjadi lebih cepat.

Amankan Air Kelapa Diminum Setiap Hari?

Dilansir dari blog elevenia, bagi ibu hamil, air kelapa aman di minum setiap hari dengan catatan tidak berlebihan. Dianjurkan mengonsumsi air kelapa maksimal satu gelas setiap hari. Usahakan minum air kelapa murni dari buah kelapa bukan air kelapa dalam kemasan. Tidak perlu ditambahkan gula atau madu saat mengonsumsinya, air kelapa lebih baik dikonsumsi secara langsung.

Sudah tahukan, apa saja manfaat air kelapa untuk kehamilan? Konsumsi air kelapa untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan dengan tepat serta sewajarnya (tidak berlebihan).