Jadi Ibu Yang Bijak Saat Social Distancing Dari Wabah Virus Corona

Jadi Ibu Yang Bijak Saat Social Distancing Dari Wabah Virus Corona
Daftar Isi Artikel

Pemerintah telah menetapkan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan pembatasan jarak sosial atau sosial distancing pada saat ini. Berbagai kegiatan seperti kegiataan keagamaan yang melibatkan banyak orang, sekolah telah diganti dengan sekolah rumah atau online, sampai instruksi work from home untuk pekerja kantor serta usaha mandiri.

Namun, ada banyak orang yang masih meremehkan seruan ini karena kurangnya kesadaran dan penyebaran urgensi belum bahkan di tengah-tengah jarak sosial pandemi virus corona. Kondisi ini sangat serius dan saatnya orang mengambil langkah yang tepat untuk memerangi virus bersama-sama ini. Masyarakat harus selalu ingat untuk menerapkan pola hidup sehat dan cuci tangan dengan sabun rajin.

Apa saja yang harus dipersiapkan ketika Social Distancing

Makan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, jadi anda harus menjadi ibu yang prioritas untuk keluarga saat berbelanja. Selain itu, obat-obatan dan kebutuhan kebersihan rumah tangga seperti sabun dan perlengkapan mandi juga penting.

Tapi selalu ingat untuk membeli jumlah yang wajar, yang cukup untuk stok selama dua minggu. Menimbun makanan dan barang lainnya secara berlebihan tidak dianjurkan karena akan menyebabkan lonjakan permintaan untuk persediaan dan menyebabkan pembelian kepanikan di antara orang-orang. Hal ini tentu bisa berdampak pada stok bahan pangan yang langka dan merugikan orang lain yang membutuhkan.

Bagi keluarga yang digunakan untuk melakukan belanja bulanan, tidak perlu panik, anda cukup menambahkan daftar belanja biasanya. Ibu dapat memeriksa terlebih dahulu apa yang masih belum tersedia atau stok mulai tipis, dan beli secukupnya. Namun, jika kondisi keuangan keluarga tidak memungkinkan untuk menyediakan kebutuhan selama 2 minggu berikutnya di saat itu juga, anda bisa memprioritaskan kebutuhan dasar selama tiga hari ke depan, seperti beras, lauk, dan sayuran.

Persiapan Sosial Distancing

1. Kebutuhan Pokok (Pangan)
2. Obat-obatan
3. Perlengkapan Keluarga
4. Jaga Kesehatan Mental
5. Jaga Kebugaran Tubuh

Panik dan khawatir yang dirasakan saat ini adalah hal yang wajar. Namun, akan lebih baik jika perasaan ini berfungsi sebagai pengingat untuk selalu mengambil langkah-langkah untuk mencegah sebanyak mungkin. Yakinlah bahwa pikiran positif dan tubuh yang sehat akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Jadi, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang kita dapat mengontrol emosi dan mencoba untuk terus mempertahankan sugesti positif yang bisa kita dapatkan melalui bersama pandemi ini dengan aman.