Wanita Suka Begadang Lebih Sulit Hamil

Wanita Suka Begadang Lebih Sulit Hamil
Daftar Isi Artikel

Tidur yang cukup adalah sama pentingnya dengan Hidup sehat dan olahraga bagi tubuh. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur atau begadang dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita dan laki-laki. frekuensi Tidur larut malam dapat mengganggu fungsi hormon yang berhubungan dengan kesuburan. Kebanyakan wanita yang mengalami Masalah tentang kesuburan, hanya 6 jam waktu tidurnya setiap malam.

Ada beberapa hormon yang Menyebabkan kesuburan akan terganggu jika seseorang kehilangan fungsi tidur atau suka begadang yaitu hormin Leptin dan Prolaktin. Peningkatan kadar prolaktin itu berarti bahwa seorang wanita tidak berovulasi selama siklus menstruasi. Sementara itu, kadar prolaktin yang rendah berpotensi masalah dengan kehamilan.

Suka Begadang Lebih Sulit Hamil

masalah kesuburan disebabkan oleh waktu tidur biasanya didapat oleh pekerja shift malam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang suka begadang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Oleh karena itu, tubuh kita dikelola oleh jam internal yang disebut ritme sirkadian adalah proses biologis selama 24 jam pada siklus malam pagi itu pengaruh sistem fungsional dari tubuh manusia. Selain wanita, pria yang idealnya memiliki waktu untuk tidur selama 8 jam setiap malam, jadi akan terngganggu kesuburannya.

Siklus REM (rapid eye movement) selama tidur sangat penting untuk kesuburan pria. Bentuk fase siklus ini ketika otot-otot tidak bergerak, tetapi otak sangat aktif.

Jadi jika siklus REM terganggu, hormon kortisol (stres) meningkatkan kadar testosteron sehingga memicu menjadi lemah. Rendahnya tingkat testosteron pada pria dapat menyebabkan kurang produktif, sehingga kehamilannya cukup sulit.

Cara mendapatkan waktu tidur yang cukup

- Konsisten pada rutinitas tidur sehari-hari. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.
- Menghindari paparan cahaya buatan karena bisa menghambat tidur nyenyakmu, seperti mematikan TV, komputer dan tinggal jauh dari telepon beberapa jam sebelum tidur.
- Jika tidur siang, sangat singkat. Terlalu banyak tidur di siang hari, akan mengganggu tidur malam anda
- Lakukan Olahraga, tapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.
- Hindari kafein, alkohol, rokok dan obat-obatan. Konsultasi dengan dokter Anda untuk Tahu apakah ada obat yang mengganggu tidur Anda.

Jika Anda memiliki masalah tidur yang kronis, konsultasikan dengan dokter atau melakukan terapi. Kita semua tahu bahwa tidur itu penting untuk fungsi tubuh dan kesehatan termasuk kesuburan. Dapatkan tidur yang baik karena dapat membantu Anda dan pasangan hidup sehat dan meningkatkan kesuburan.