7 Obat Pilek Untuk Ibu Menyusui Aman Dikonsumsi

7 Obat Pilek Untuk Ibu Menyusui Aman Dikonsumsi
Daftar Isi Artikel

Ibu yang sedang menyusui tiba-tiba terserang flu? Bagi lebih dari satu ibu, pilih obat flu yang safe untuk ibu menyusui agak membingungkan. Di sisi lain Penyakitnya perlu disembuhkan, namun rasa kuatir pengaruhi kesehatan bayi yang nantinya disalurkan lewat  ASI.

Sebenarnya boleh ngga ibu menyusui konsumsi obat flu? Apakah obat flu itu aman bagi ibu menyusui? Berikut ini penjelasan dan saran obat flu yang aman untuk ibu yang sedang menyusui.

Tetapi harus di ingat konsumsinya pun wajib hati-hati, khususnya kalau ibu menyusui konsum obat pilek tanpa resep dokter. Jadi Konsultasi dengan dokter sebelum saat mengonsumsinya itu lebih disarankan.

Memilih obat yang tidak mengandung pseudoephedrine, karena dapat mempengaruhi ASI

Jika Busui konsumsi Obat flu aman sebenarnya aman. Tapi ibu mesti menyimak kadar di dalamnya. Saat tengah flu, umumnya ibu perlu obat dekongestan untuk meredakan gejala flu, layaknya hidung tersumbat.  Tetapi, obat dekongestan yang diminum di dalam wujud tablet, kapsul, atau sirup umumnya memiliki kandungan pseudoephedrin atau phenylephrine yang dapat memengaruhi ASI.

Kedua obat selanjutnya bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah. Hal ini berisiko membuat aliran darah yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI terganggu dan dapat turunkan produksi ASI. American Academy of Pediatrics tunjukkan pseudoephedrine safe digunakan ibu menyusui. Meski begitu, teori ini tetap butuh pembuktian lagi. Jika bunda tetap ragu, bunda dapat kenakan obat flu dekongestan semprot sebagai cara lain. Gunakan selama 3-4 hari saja.

Obat Pilek Yang Aman Untuk Ibu Menyusui



1. Makan sup ayam kampung, kurangi rasa tidak nyaman terhadap tenggorokan 

Sup ayam Bisa menjadi obat flu alami yang udah digunakan sejak jaman dulu. Konsumsi sup waktu masih hangat bisa memicu tubuh menjadi lebih nyaman, Bisa menurunkan demam juga dan rasa tidak nyaman terhadap tenggorokan. Ketika tubuh menjadi lebih hangat, maka otak akan beri tambahan sinyal kepada tubuh untuk menurunkan suhu tubuh menjadi normal.

Berbagai bahan dan jenis berasal dari sup ayam kampung seperti sup kaldu ayam, wortel, brokoli dan biji-bijian mampu menahan peradangan, melawan pertumbuhan virus didalam tubuh, dan menopang ruang pernafasan menjadi lebih baik. Karena itu sup ayam mampu menanggulangi gejala flu yang tidak nyaman untuk Busui.

2. Ekstrak minyak zaitun, menanggulangi hidung tersumbat untuk Busui

Ektrak minyak zaitun juga bisa mendukung membuat sembuh penyakit flu Busui. Ada beraneka kegunaan berasal dari minyak zaitun untuk menanggulangi hidung tersumbat, asma, sakit kepala dan juga bisa membantu tubuh kuat melawan infeksi virus flu. Bahkan minyak zaitun dapat membantu dampak peradangan yang dapat mengakibatkan tubuh Busui menjadi lemah.

Minyak zaitun memiliki kandungan bahan dekongestan yang akan membantu hidung menjadi lebih nyaman, membantu hidung meler atau pilek berlebihan, makanan sehat awal kehamilan dan dapat menjadi langkah menghalau stretch mark selagi hamil.

3. Konsumsi makanan yang punya kandungan vitamin C

Vitamin C juga bisa jadi sumber nutrisi yang bisa obati flu terhadap Busui. Vitamin C dapat bekerja untuk menaikkan sistem kekebalan tubuh dan melawan perkembangan virus. Bahkan bisa membantu menghindar perkembangan peradangan yang membuat virus jadi lebih berat.

Beberapa tipe sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin C tinggi layaknya jeruk, kiwi, paprika, dan stroberi sangat baik untuk Busui.

4. Konsum Bawang putih, menjaga tekanan darah Busui

Bawang putih dapat menjadi obat yang benar-benar alami untuk Busui.  Bawang putih benar-benar baik untuk bantu perlihara tekanan darah jadi normal, menghindar infeksi akibat flu dan cegah kolesterol tinggi. Kandungan senyawa alisin didalam bawang putih bisa atasi infeksi flu untuk Busui. Selain itu bawang putih baik untuk ASI jadi lebih lancar.

5. Meminum Teh Hijau

Teh Hijau mengandung antioksidan untuk cegah peradangan dan atasi flu untuk Busui. Teh hijau memiliki kandungan tanin yang lebih tinggi dibandingkan type teh cokelat atau teh merah. Efek tanin sanggup melawan infeksi virus flu dan cegah adanya masalah kesehatan, tubuh lemas dan tidak berdaya akibat flu.

Ekstrak teh hijau termasuk memiliki kandungan bahan antioksidan dan polifenol yang baik untuk cegah peradangan di dalam tubuh serta tingkatkan fungsi pencernaan. Bahkan teh hijau dapat bantu pernapasan jadi lebih baik

6. Konsumsi Teh lemon dan madu

Lemon dan madu sudah jadi obat alami untuk atasi flu atau menyembuhkan flu yang berat untuk Busui. Lemon dan madu memiliki kandungan nutrisi campuran yang bagus untuk lawaninfeksi flu layaknya vitamin C. Bunda bisa coba untuk konsum teh berasal dari bahan air perasan lemon dan madu. Dapatkan manfaat madu untuk Busui sekaligus menyembuhkan flu.

7. Meminum susu

Minum susu untuk Busui tidak hanya menyembuhkan flu tetapi juga membantu tubuh Bunda jadi lebih kuat. Susu mempunyai kandungan protein yang tinggi dapat membantu meningkatkan fungsi otot. Susu juga merupakan sumber kalori bagi ibuhamil sehingga menguatkan tubuh. Bahkan kandungan proteinnya diyakini untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga melawan virus didalam tubuh. Susu dapat mencegah berbagai efek akibat kekurangan kalsium pada Busui dan juga masalah kesehatan.

Obat flu yang aman untuk ibu menyusui



- vicks vaporub, balsam populer.
- diphedipramine, meredakan batuk berdahak.
- Paracetamol.
- Ibuprofen.