Tips Alami Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Tips Alami Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi
Daftar Isi Artikel

Orang tua mana yang tidak cemas disaat bayinya sedang mengalami sakit? Merawat bayi yang lagi sakit dapat jadi tantangan tersendiri dikarenakan belum dapat mengungkap keluhannya secara spesifik. Sehingga, orang tua hanya dapat menebak dari gelagat yang ditunjukkan oleh bayi.

Sebuah kondisi yang cukup mengkhawatirkan, disaat bayi mengalami hidung tersumbat. Namun, orang tua tidak bisa segera menentukan bayi mengalami hidung tersumbat karena bayi tidak bisa bicara. Orang tua harus jeli untuk melihat gejala dan perubahan perilaku pada bayi.

Misalnya, bayi tampak lebih rewel dari biasanya dan mengeluarkan suara saat bernapas dari hidung. Jika hidung tersumbat karena flu biasa, orang tua bisa mengenalinya dari dari hidung bayi (ingus) yang teksturnya cukup tebal dan biasanya berwarna. Bayi juga kadang-kadang menggosok hidungnya tanda ia merasa tidak nyaman, mendengkur saat tidur, tidak makan/menyusu.

Bunda tidak perlu khawatir, karena berikut adalah Tips Alami yang bisa dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi.

Gunakan cairan saline (Semprotkan)

Saline adalah obat semprot hidung (nasal spray). obat ini sangat aman untuk bayi, balita, dan anak-anak. Obat ini bisa mengurangi lendir yang menyumbat hidung. Jika menggunakannya Bunda perlu memperhatikan prosedur penggunaan obat ini dengan benar. Rebahkan bayi, Miringkan kepala sedikit. Semprot obat 2-3 kali untuk setiap lubang hidung. Setelah pemberian obat ini, bayi akan bersin atau batuk, tanda-tanda tubuh bayi berusaha mengeluarkan cairan yang menyumbat di hidung.

Bersihkan Hidung Dari Cairan

Jika bayi bunda hidungnya tersumbat akibat common cold atau infeksi sinus , Bunda perlu rutin bersihkan hidung dengan cairan pembersih. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya menggunakan penyedot ingus bayi. Langkah ini bisa dilakukan untuk bayi dengan usia dibawah 6 bulan

Setelah bunda meneteskan atau menyemprot cairan saline, ingus bayi dapat lebih mudah keluar. bunda mampu mengeluarkannya dengan penyedot ingus ini.

Mengatur Suhu Ruangan Kamar

Saat bayi mengalami hidung tersumbat, Ubahlah suhu ruangan sedikit lebih hangat dan lembap. Menghindari menyalakan AC karena AC memicu udara menjadi kering—yang dapat memperburuk sumbatan terhadap hidung. Hal ini juga berlaku terhadap anak-anak yang hidungnya tersumbat akibat alergi dingin.

Bunda dapat membuat hawa di di dalam kamar menjadi lebih lembab bersama langkah meletakkan sebaskom air panas di ruangan. Selain itu bunda dapat meneteskan minyak atsiri peppermint atau eucalyptus untuk mendukung melegakan pernapasan anak.

Menepuk punggung bayi

Tahukah ibu, menepuk punggung bayi mampu menunjang lendir-lendir di didalam hidung keluar. Nah, secara berkala, laksanakan cara ini. Baringkan bayi didalam kondisi telungkup dan tepuk-tepuk punggung pelan-pelan.

Mengatur Posisi Tidur

Bayi yang tengah sulit bernapas harus tidur dengan posisi khusus supaya napasnya jadi lega. Tinggikan posisi kepala bayi sementara untuk memudahkannya menghirup udara. Selain itu, posisi ini bakal membuat lendir tidak menggumpal di hidung.

Memberi Banyak Minum ke Bayi

Jika Bayi mengalami hidung tersumbat memang akan kerap menolak ASI berasal dari bunda. Sehingga, dia perlu asupan cairan  untuk melegakan pernapasannya. Jadi, teruslah ajak bayi agar rutin minum ASI. Untuk bayi berusia di atas 6bulan, Bunda bisa memberi tambahan cairan selang-seling pada ASI dan air putih.

Itu dia beberapa Tips Alami Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi Jika hidung si kecil tetap tersumbat, sebaiknya ibu segera menemui dokter anak untuk memeriksakannya