5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

5 Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel

Sembelit atau susah BAB adalah keluhan ibu hamil. Kondisi ini terjadi selama kehamilan pada peningkatan hormon progesteron oleh otot-otot longgar dan lebih fleksibel, bahkan di saluran pencernaan. Akibatnya, makanan akan mengkonsumsi lebih lambat ke dalam usus untuk mencerna dan membuat bumil jadi sembelit. Tidak hanya itu, jika makanan telah diproses biasanya BAB jadi lebih keras sehingga jika mengejan lebih kuat dapat menyebabkan wasir. Sebelum hal ini terjadi bunda dapat mencoba Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil dengan trik ini.

1. Banyak makanan berserat saat hamil

Penyebab sembelit biasanya adalah karena tubuh kekurangan serat. Jika Anda hamil, Anda perlu lebih banyak serat dari biasanya, sekitar 25 sampai 30 gram per hari. Serat dapat membantu kinerja usus untuk mencerna makanan, agar dapat diproses lebih cepat dan lebih mudah bagi Anda saat BAB

Bunda dapat memilih berbagai buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat seperti pepaya, buah naga, stroberi, blueberry, apel dan pir. Sementara untuk sayuran dapat mengkonsumsi brokoli, bayam, gandum dan berbagai biji-bijian.

2. Sering Olahraga membantu kinerja metabolisme tubuh

Selama kehamilan, Anda harus tetap berolahraga. Olahraga teratur membantu mengurangi sembelit pada ibu hamil. Olahraga bisa mengaktifkan metabolisme tubuh untuk bekerja lebih lancar dan membantu untuk memperlancar proses usus mencerna makanan dalam waktu singkat. Dengan demikian, tidak sakit saat mengejan.

Anda dapat mencoba semacam olahraga untuk ibu hamil seperti yoga, pilates, berenang dan jogging, sehingga Anda dapat berlatih saat menuju persalinan. Tidak perlu berlama-lama selama olahraga, cukup 20 sampai 30 menit sehari.

3. Hindari Stress Saat Hamil

Jika Anda stress, maka secara tidak langsung kesehatan menjadi terganggu. Racun dan cairan pada tinja akan terakumulasi dalam usus untuk beberapa waktu dan diserap ke dalam siklus darah. Ketika itu terjadi, dapat menyebabkan masalah dalam sistem pencernaan, yang membuatnya sulit BAB.

Kurangnya pergerakan usus, bisa menjadikan dorongan untuk buang air besar menjadi lebih sedikit, yang mengakibatkan sembelit pada ibu hamil. Dan juga, saat stres maka aliran darah menuju saluran cerna jadi sedikit, sehingga proses penyerapan nutrisi dan pembentukan tinja berkurang. Solusi, sebisa mungkin hindari pikiran stres dengan menjaga suasana hati bunda tetap rileks saat hamil.

4. Banyak konsumsi Air Putih

Salah satu penyebab susah buang air besar karena ibu kurang minum air putih. Organ tubuh membutuhkan cairan untuk menyerap air, sehingga kotoran tidak keras dan makanan yang membuat Anda mengkonsumsi maksimum Tercena. Ibu hamil membutuhkan cairan sebagai sumber energi tambahan.

Dehidrasi tidak hanya Anda menderita sembelit, tetapi dapat menyebabkan Anda kehilangan energi dengan cepat pusing lemas dan mual. Anda harus mengkonsumsi setiap hari setidaknya 8 sampai 12 gelas air mineral. Hindari kopi, karena dapat menyebabkan peningkatan volume urine makanan yang sangat berkafein minuman seperti  itu dapat membuat dehidrasi tubuh.

5. Konsum makanan yang mengandung probiotik

Agar pencernaan menjadi lebih lancar, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Kandungan tersebut adalah bakteri baik yang sangat menguntungkan untuk anda dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Probiotik fungsinya untuk melancarkan sistem pencernaan, membunuh bakteri yang jahat di usus dan bakteri yang membuat proses metabolisme terganggu.

Probiotik membantu untuk atasi masalah sembelit pada ibu hamil. Bisa bunda dapatkan pada yogurt punya kandungan probiotik. Pilihlah rasa tawar agar vitamin benar-benar dapat diserap dengan sempurna. Anda dapat mencampur yoghurt dalam makanan sehat yaitu dengan campuran buah, oatmeal, sereal, biji chia atau kacang. Sehingga serat lebih banyak.