Bumil Puasa? Berikut 5 Tips Makanan Sahur Untuk Ibu Hamil

Bumil Puasa? Berikut 5 Tips Makanan Sahur Untuk Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel

Ibu hamil jika ingin menjalankan ibadah puasa perlu mencermati asupan nutrisi seimbang. Jika kekurangan nutrisi mampu membawa dampak bayi lahir dengan berat badan rendah, prematur, sampai masalah komplikasi lainnya yang dikarenakan daya tahan tubuhnya melemah.

Sebelum ibadah puasa, Bunda harus memilah menu sahur yang tepat, Agar kebutuhan nutrisi selama seharian tetap tercukupi. Berikut ini adalah daftar Makanan menu sahur untuk ibu hamil yang ingin tetap berpuasa.

Tips Makanan Sahur Untuk Ibu Hamil

1. Menu Sahur Dengan Nasi merah

Nasi merah adalah menu sahur yang bisa di konsumsi untuk Bumil sebagai sumber karbohidrat. Selama hamil dan berpuasa, Bunda perlu kurang lebih 50% karbohidrat.  Bunda sanggup gantikan nasi putih dengan nasi merah. yang lebih banyak punya kandungan serat. Indeks glikemik yang ada di didalam nasi merah lebih rendah, Jadi aman untuk penderita gula atau diabetes.

Nasi merah merupakan karbohidrat kompleks yang masuk dalam golongan biji-bijian. Nasi merah  juga cocok untuk dijadikan menu sahur bagi ibu hamil sebab dapat mencukupi keperluan kalori harian selama hamil dan juga menekan rasa lapar lebih lama dibandingkan nasi putih meski sedang berpuasa. Selain nasi merah, bunda bisa juga menggantikan dengan beras hitam atau cokelat yang punya serat lebih banyak.

2. Menu Sahur dengan Telur yang tinggi protein

Selain karbohidrat, Bunda juga perlu mengkonsumsi protein hewani dan nabati. Salah satunya makanan yang dapat bunda makan Yaitu telur. Bunda bisa mengolahnya dengan merebus agar sehat dan menghindari makanan yang digoreng. Jangan menggunakan terlalu banyak garam karena dapat membuat Bunda merasa haus dan lapar dalam waktu cepat.

Telur adalah sumber protein hewani yang baik mengandung asam amino esensial. Sangat berguna untuk kelangsungan hidup bayi dalam kandungan.

3. Menu Sahur dengan Daging merah tanpa Lemak 

Sumber protein hewani yang lain, dapat ditemukan pada daging merah. makanan ini mengandung zat besi yang sangat tinggi untuk membantu Bunda menghindari anemia. Kandungan zat besi  mengoptimalkan perkembangan bayi dalam kandungan.

Jika ibu hamil Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan oksigen terhambat. Bisa membuat bayi lahir dengan berat badan rendah, prematur, atau mengalami kecacatan.

4. Menu Sahur dengan Buah-buahan dan sayuran

Makanan peniting satu ini tidak boleh bunda tinggalkan, baik pada saat sahur atau saat berbuka. Buah dan sayur  mempunyai nutrisi yang tinggi dan vitamin yang penting untuk tumbuh kembang anak dan juga ibu. Bunda bisa makan pisang yang tinggi kalium sebagai sumber energi selama jalankan ibadah puasa. Tambahkan menu sahur dengan buah-buahan yang bervitamin C, E, K, dan potasium fungsinya untuk memenuhi cairan & serat didalam tubuh.

Lalu untuk menu sayuran, Bunda bisa konsumsi aneka sayur mayur yang mempunyai warna hijau, seperti brokoli, bayam, dan sawi yang punya kandungan serat tinggi. Brokoli menyimpan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap radikal bebas, penyebab gangguan saraf pada bayi.

5. Yang terakhir tetap konsum Susu Ibu Hamil

Selama jalankan ibadah puasa, cairan dalam  tubuh harus dipenuhi. Selain minum banyak air, Bunda juga perlu minum susu khusus ibu hamil. Susu mampu menjaga stamina bunda selama puasa dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil.

Susu Bumil umumnya mempunyai kandungan kalsium, vitamin D, omega 3, omega 6, asam folat, dan zat besi. Semua sangat penting dan diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan bayi.

Bunda jadi pahamkan menu sahur untuk Bumil apa saja yang baik untuk puasa hari ini?