Harus Tahu! Inilah 4 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Harus Tahu! Inilah 4 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel
Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil 

Keluhan Bumil tidak hanya mual, muntah dan insomnia. Ibu hamil mungkin memasuki masa trimester pertama kehamilan bisa saja diserang sakit gigi. Jika Sakit itu muncul pasti rasanya benar benar tidak nyaman. Sakit gigi saat hamil adalah tanda tubuh sehingga harus lebih diperhatikan lagi. Banyak orang mengatakan bahwa ini hanyalah sebuah mitos, tetapi kondisi ini sangat berpengaruh pada janin dan ibu.

Jadi, Mari kita cari apa penyebab sakit gigi pada ibu hamil. Jadi bumil harus tau apa yang harus dilakukan. Kami akan memaparkan 4 penyebab utama sakit gigi selama kehamilan. Mungkin salah satu faktor dibawah ini yang menyebabkan sakit gigi pada bumil.

4 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil 

1. Perubahan pada hormon

Banyak hormon yang berubah selama kehamilan. Ini adalah penyebab pertama bahwa Anda mengalami sakit gigi. Perubahan hormonal yang menyebabkan radang gusi (gingivitis). Jika peradangan semakin memburuk, gusi Anda berdarah saat menyikat gigi

Jika perubahan hormonal terjadi, sistem kekebalan tubuh juga dapat terganggu. Inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh tidak dapat lindungi tubuh dari berbagai macam bakteri yang membuat penyebab sakit gigi.

2. Adanya Reaksi mual dan muntah 

Perubahan fisik akan dialami oleh Anda memasukkan kehamilan. Perubahan ini juga mengganggu kondisi fisik. Mual dan muntah membawa kuman dan bakteri pada mulut. Jika Bumil tidak benar membersihkan mulut maka kuman dan bakteri pada mulut akan menyebabkan sakit gigi.

3. Kurangnya asupan kalsium

Otomatis tubuh akan memberikan kalsium bagi janin. Jika Bumil tidak menambahkan asupan kalsium non-harian, tubuh secara alami akan kekurangan kalsium dan ini yang akan membuat tulang dan gigi terganggu.

4. Pola makan tidak teratur

Perubahan fisik dan hormonal juga mempengaruhi psikologis Bumil. Efek yang paling jelas adalah perubahan dalam diet. Banyak ibu hamil yang beranggapan harus menambah porsi makanan untuk pertumbuhan janin.

Tetapi, pola makan yang buruk akan membuat asupan gula dan kalori yang berlebih. Beberapa makanan juga dapat membuat sakit gigi

Dan itulah 4 Penyebab Sakit Gigi Pada Ibu Hamil semoga artikel ini dapat membantu kamu yang sedang mengalami sakit gigi pada masa kehamilan