Inilah 7 Manfaat Penting Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Inilah 7 Manfaat Penting Asam Folat Untuk Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel


Saat hamil, bunda harus berusaha untuk makan makanan sehat yang membantu pertumbuhan janin agar maksimal. Nutrisi pertumbuhan yang diperlukan untuk janin yang sehat adalah asam folat. Asam folat bahkan direkomendasikan untuk dikonsumsi sejak bunda memiliki rencana kehamilan, karena pembentukan saraf dan organ janin berjalan pada trimester pertama kehamilan. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan membuat masalah kesehatan pada diri sendiri dan juga bayinya.  

Dan Berikut ini adalah 7 Manfaat Penting Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

1. Memproduksi sel-sel darah merah

Folat bisa tingkatkan sel-sel darah merah terhadap tubuh. Hal ini benar-benar penting sepanjang kehamilan dikarenakan bunda bisa saja menjadi anemia (kekurangan zat besi). Asam folat akan menjamin  kuantitas sel darah merah yang stabil didalam tubuh.

2. Mencegah cacatnya tabung saraf pada janin

Asam folat mendukung pertumbuhan saraf bayi saat ada di kandungan. Tabung saraf janin, yang akan berkembang jadi otak dan tulang belakang bayi, akan dilindungi oleh asam folat supaya tidak terjadi kecacatan sebelum kelahiran, selama pembentukan awal sistem saraf pusat.  Cacat tabung saraf atau spina bifida adalah Kondisi di mana pertumbuhan tulang belakang tidak tuntas sebelum kelahiran

3. Cegah bibir sumbing pada bayi

Bibir Sumbing yaitu bawaan cacat di mana satu atau lebih celah terbentuk di bibir dan langit-langit mulut atas. Penemuan ini adalah bukti lanjutan manfaat dari asam folat oleh Para peneliti dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan North Carolina.

4. Cegah cacat jantung pada bayi

Nutrisi asam folat untuk ibu hamil mempunyai manfaat mengurangi risiko cacat jantung bawaan. Menurut American Heart Association, cacat ini terjadi ketika jantung atau pembuluh darah pada bayi tidak berkembang secara normal sebelum kelahiran.

5. Mengurangi Resiko lahir Prematur

Jika bunda berkonsultasi bersama dengan dokter saat tengah merencanakan kehamilan, Kemungkinan  bunda direkomendasi mengonsumsi suplemen asam folat. Sebuah studi Radek Bukowski di University of Texas Medical Branch menunjukkan jika wanita yang konsum asam folat kurang lebih satu tahun sebelum kehamilan dapat mengurangi risiko kelahiran prematur sebesar 50 persen.

6. Mencegah Keguguran

Peneliti menunjukkan bahwa jumlah wanita yang mengalami susah hamil akan membantu mencegah keguguran, Membantu perkembangan bayi lambat didalam Rahim dan membantu mengatasi masalah berat badan bayi lahir rendah.

7. Cegah diabetes gestasional

Konsum asam folat setiap hari juga bisa melindungi ibu hamil dari sejumlah masalah kasus komplikasi selama kehamilan. Seperti preeklamsia dan diabetes gestasional, Preeklamsia dapat membuat bayi kekurangan oksigen, sementara bayi bisa berisiko kelebihan berat badan.

Asam folat dalam bentuk tablet bisa bunda konsum mulai dari saat merencanakan kehamilan. Untuk konsuminya juga hanya dosis 600 mcg dan 500 mcg selama menyusui. Atau bunda bisa mendapatkan asam folat dari makanan sehari-hari seperti :

1. Bayam dan sayuran hijau lain seperti sawi hijau, kubis, seledri, asparagus, dan selada.
2. Alpukat dan berbagai buah seperti jeruk, tomat, pisang, dan pepaya.
3. Hati ayam, Telur.
4. Jagung atau Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang merah, almond, kacang hijau, kedelai, dan kacang polong.
5. Brokoli yang sudah dimasak mengandung 168 mcg folat.