Tips Untuk Bunda yang Ingin Membaca USG Kehamilan

Tips Untuk Bunda yang Ingin Membaca USG Kehamilan
Daftar Isi Artikel

Pada masa kehamilan memang menjadi momen yang sangat berharga. Melihat perut makin lama membesar dan pergi ke dokter kandungan setiap bulannya untuk memeriksa hasil USG adalah aktivitas ibu hamil yang harus dijalani. Bicara soal USG, Bunda sudah tahu cara membaca hasil USG Yang benar?

Membaca hasil USG kehamilan sebetulnya tidak sulit. Untuk yang pertama kali mungkin bunda butuh bantuan dokter kandungan.Tapi, Nanti bunda jadi terbiasa untuk melakukannya sendiri, mau tahu caranya? Simak informasi langkah cara membaca hasil USG sendiri di bawah ini!

Tips Membaca USG 2D Kehamilan

Hasil USG 2D  berwujud foto monokrom yang ditambah dengan huruf dan angka. Jika pertama kali melihat kemungkinan bunda bingung. Butuh pemahaman informasi yang tersedia di dalam setiap fotonya. Berikut caranya :

1. Gambar USG



Bunda dapat melihat gambar janin yang tersedia di dalam perut dalam tiap foto hasil USG. Foto itu merupakan bayangan janin dan daerah yang tersedia di sekitar rahim. Biarpun cuma monokrom hitam putih, di setiap detil foto USG ada tambahan informasinya masing-masing.

- Warna

Warna yang dihasilkan adalah pantulan dari gelombang suara USG. Setiap bagian bakal mempunyai warna yang berbeda. Berikut keterangannya;

a.  Warna hitam membuktikan air ketuban atau cairan amnion yang ada di dalam rahim

b. Warna abu-abu adalah jaringan tubuh janin pada bagian kulit atau organ lainnya.

c. Warna putih adalah penampilan tulang yang memantulkan gelombang suara paling banyak.

- Ukuran Gambar

Ukuran gambar juga berpengaruh. Ukuran gambar janin adalah indikator umur kehamilan dan informasi biometri lainnya. Kantung rahim dan cairan yang berada di dalamnya juga dapat dilihat berasal dari hasil gambarnya. Tetapi, informasi huruf dan angka yang terdapat pada hasil USG harus diperhatikan untuk mengetahui ukuran yang tepat.

2. Informasi huruf dan angka


Foto dari hasil USG termasuk bakal menampilkan huruf dan angka. Bunda dapat membacanya dengan mudah melalui Info di bawah ini!

- LMP

LMP (last menstrual period) atau bisa disebut HPHT (hari pertama haid terakhir) yaitu kode yang sama. Kode LMP ini dapat jadi perkiraan sewaktu kelahiran bayi nanti.

- EDD

Ini dia Info yang pasti paling didambakan oleh para orang tua. EDD adalah singkatan berasal dari Estimated Delivery Date atau bisa disebut  Hari Perkiraan Lahir (HPL).

- GS

Kode ini menunjukkan Gestational Sac atau ukuran kantung ketuban pada trimester pertama. Angka yang terkandung dalam GS diukur melalui titik-titik hitam yang mengelilingi janin. Bola hitam adalah cairan ketuban cairan atau air ketuban.

- FHR

Kode ini menunjukkan janin Heart Rate atau frekuensi detak jantung bayi. detak jantung adalah organ pertama yang mudah terdeteksi pada tahap awal kehamilan. Bunda dapat mendengarkan ketika melakukan USG.

- FW

Fetal Weight atau Beran janin juga dapat diketahui sejak ia masih dalam kandungan. berat janin juga digunakan sebagai indikator status pertumbuhan bayi dalam rahim. berat janin juga dapat diketahui dengan mendapatkan indeks cairan ketuban dan semua kondisi janin.

- CRL

Crown Rump Length yaitu istilah yang menunjukkan panjang janin diukur dari kepala sampai kaki. Panjang janin dapat diukur saat memasuki trimester pertama kehamilan.

- GA

Gestational Age adalah rata-rata perkiraan usia kehamilan. Perkiraan ini tidak diukur dari LMP, tapi dengan mengukur panjang lengan, kaki, dan diameter janin.

- HC

Head Circumferencial yaitu informasi tentang lingkar kepala janin. Dokter juga membuat ukuran lingkar kepala sebagai indikator pertumbuhan janin.

- AC

Selain lingkar kepala, Bunda juga akan melihat Abdominal Circumferencial atau lingkar perut janin. lingkar perut nantinya akan menjadi perkiraan berat bayi pada janin.

- BPD

Biparietal Diameter adalah ukuran dari  tulang pelipis janin dari dua sisi. Tanda ini akan muncul pada pemeriksaan USG saat memasuki trimester kedua dan ketiga.

- EFW

Estimated Fetal Weight  atau Perkiraan Berat  janin juga memberitahu berat badan bayi. Berbeda dengan ukuran FW, EFW karena memperkirakan berat badan janin dalam gram.

- FL

Femur Length adalah panjang tulang dari Pahal bayi. Data ini akan Bnda dapat pada trimester kehamilan dua dan tiga.

- FTA

Fetal Trunk Abdominal  atau Batang perut Janin adalah indikator panjang tubuh bayi pada saat masuk trimester kedua dan ketiga. Indeks ini juga biasa digunakan oleh dokter kandungan untuk memonitor pertumbuhan janin dalam kandungan.

Gimana? sudah pahamkan kode huruf dan angka yang ada dalam hasil pemeriksaan USG? Jadi bunda dapat belajar membaca hasil USG Kehamilan sendiri. Semoga bermanfaat