6 Makanan Membantu Bunda Menjelang Persalinan

6 Makanan Membantu Bunda Menjelang Persalinan
Daftar Isi Artikel
Makanan Membantu Bunda Menjelang Persalinan

Kelahiran tidak dapat diprediksi, namun proses kadang-kadang tidak terjadi seperti yang diharapkan. Biarpun begitu bunda dapat mengubah pola makan untuk mempersiapkan proses kelahiran menjadi lancar. mencoba untuk makan sebelum pergi ke rumah sakit atau saat dijalan. Karena bunda membutuhkan energi yang cukup saat melahirkan dan juga untuk merangsang kontrakasi, saat kelahiran nanti. Dan bunda dapat mencoba tips 6 makanan untuk membantu kelancaran saat melahirkan ini.

Makanan Yang Membantu Kelancara Ibu Menjelang Persalinan

Memang tidak ada penelitian resminya tetapi ada beberapa makanan yang bisa untuk merangsang kontraksi ketika bunda akan melahirkan. Makanan ini akan merangsang kontraksi dan meningkatkan energi Anda selama persalinan.

1. Pisang dan Telur

Hormon oksitosin ini diperlukan untuk merangsang pematangan leher rahim dan juga membantu mengembang saat kelahiran. Oksitosin dengan bantuan kadar estrogen yang tinggi akan memicu pelepasan sejumlah hormon (prostaglandin) yang beperan dalam pematangan serviks.

Untuk itu Bunda perlu meningkatkan kadar makanan oksitosin dalam tubuh. Kombinasi telur, pisang dan merica akan menjadi makanan yang banyak oksitosin. Rasanya sangat lezat, manis, gurih dan sedikit pedas. Pisang juga baik untuk cadangan energi.

2. Jeruk

Jeruk penting untuk membantu persalinan karena dua alasan utama. Jeruk pertama mengandung sekitar 90% air. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh saat melahirkan. Tentu saja cairan sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses kontraksi jalan bayi lahir. Jika bunda hilang cairan tubuh, mungkin bunda kehabisan energi saat melahirkan bayi.

3. Bayam

Bayam kaya zat besi, kalsium dan asam folat, serta sumber vitamin yang dikenal membantu badan untuk menangani persalinan normal. Jika Bunda bosan memasak bayam, bisa konsum hanya sebagai salad bayam. Bayam dapat dibuat sebagai jus atau untuk dikonsumsi di pagi hari. Bunda bisa makan bayam di pagi hari sebelum beraktivitas.

4. Air Kelapa

Jika saat melahirkan tubuh dalam keadaan terhidrasi dapat membuat kontraksi menjadi lebih menyakitkan. Bunda bisa mimun air kelapa setiap kontraksi dengan menggunakan sedotan. Air kelapa bisa meningkatkan elektrolit membantu menjaga cadangan energi. Pastikan untuk menjaga pola makan sebelum  melahirkan.

5. Bawang Putih

Ketika akan melalui proses kelahiran, Bunda biasanya akan disuruh buang air besar. Hal ini agar membuat ruang untuk bergerak bagi bayi tubuh bagian bawah. Supaya berjalan lancar, Bunda bisa makan bawang putih sebelum melahirkan.

Bawang putih dipercaya secara alami merangsang usus saat buang air besar. Bunda dapat menyiapkan menu makanan yang mengandung banyak bawang putih.

6. Sayur Daun Pepaya 

Daun pepaya tidak hanya bermanfaat selama kehamilan karena membantu untuk meningkatkan nafsu makan, mencegah anemia, dan penguatan tulang janin (vitamin konten D dalam pepaya diperlukan untuk perkembangan janin), Dan juga memperkuat otot-otot dasar panggul Saat kelahiran.