Tips Untuk Bunda, 7 Cara Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Untuk Bunda, 7 Cara Tingkatkan Nafsu Makan Anak
Daftar Isi Artikel

Siapa yang tidak khawatir ketika orang tua mengerti anaknya sulit makan atau kurang nafsu makan? Karena mengalami hal demikian Tidak hanya dapat menghambat pertumbuhan, kurang asupan makanan dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak dan membuatnya lebih mudah terserang penyakit.

Jangan panik! Karena ada trik untuk bunda yang dapat dilakukan untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak. Simak artikel berikut ini :

1. Jangan Memaksa

Kadang-kadang sebagai orang tua kita sering tidak sabar menunggu anak untuk makan dan ingin dengan cepat habis makanannya, sering kali kita cenderung untuk "memaksa". Nah, ternyata bahwa pola makan seperti ini dapat menyebabkan trauma pada anak. Jadi Si Kecil dapat merasakan jika sewaktu jam makan adalah momen yang tidak menyenangkan.

Jika anak hanya ingin makan sedikit lebih baik tidak dipaksa lagi. Bisa jadi mereka tidak lapar, tumbuh gigi atau tidak enak badan. Pada dasarnya, manusia memiliki naluri alami untuk makan ketika mereka lapar. Dan yang bisa merasakan batasan kenyang atau belum adalah mereka sendiri. Bunda perlu ketahui bahwa lambung pada anak tidak seperti orang dewasa sehingga asupannya tidak perlu banyak.

2. Menggunakan Alat Makan Favorit Anak

Anak - anak memiliki preferensi favorit masing-masing, Cobalah gunakan alat makan dengan gambar kartun favoritnya bisa menjadi strategi yang harus dicoba. Desain dan gambar lucu bisa membuat anak-anak lebih tertarik saat menyantap makanan.

3. Jangan Terlalu Banyak Minum Saat Makan

Banyak air yang dikonsumsi saat makan membuat anak-anak jadi gampang kenyang dan akhirnya makan sedikit. Bunda dapat memberikan minuman saat makan selesai.

4. Ketahui Makanan Favorit Anak

Ada anak-anak yang lebih memilih makanan gurih, ada juga makanan manis. Ketahuilah makanan favorit anak Bunda. Lalu sajikan makanan pertama yang disukai terlebih dahulu karena bisa mengembalikan nafsu makan mereka. Jika anak Bunda suka sayuran tertentu, seperti wortel, brokoli, atau bayam, Bunda bisa berkreasi dengan membuat beberapa sajian menarik dari sayuran favorit mereka.

5. Atur Jam Makan Anak

Jarak ke makan terlalu sering juga dapat mempengaruhi nafsu makan anak, karena bisa jadi perut mereka masih Keyang. Bunda perlu berhati-hati dalam mengatur jam makan anak. Bunda usahakan tidak memberikan cemilan berat sebelum waktu makan.

6. Vitamin Tambahan Untuk Tingkatkan Nafsu Makan

Dalam kondisi tertentu, ada anak-anak yang memerlukan bantuan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan mereka. Namun untuk pemberian vitamin, Baiknya bunda Berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu.

7. Konsultasi ke Dokter Anak

Sudah mencoba tips diatas tapi anak-anak tetap sulit untuk makan? Jika hal ini terjadi bunda cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi anak. Karena kurangnya vitamin dan mineral tertentu seperti zinc yang dikenal dapat mengurangi nafsu makan dan mengganggu indera pengecap.

Dan itulah artikel tentang cara mudah meningkatkan nafsu makan anak. Semoga bermanfaat