Daftar Buah Manis yang Cocok untuk Ibu Hamil

Daftar Buah Manis yang Cocok untuk Ibu Hamil
Daftar Isi Artikel

Buah yang cocok untuk ibu hamil yakni buah yang mampu memberi nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Konsumsi masakan bergizi adalah tugas penting dalam menjaga kesehatan dan mengurangi risiko terjadinya beberapa penyakit.

Menu kuliner sehat untuk ibu hamil tidak hanya sanggup didapatkan dari buah-buahan tetapi juga sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat. Untuk membantu penyerapan zat besi, ada beberapa vitamin yang perlu dikonsumsi ibu hamil, salah satunya yakni vitamin C. Namun tidak semua buah-buahan boleh dikonsumsi ibu hamil, ada beberapa buah yang bisa saja memicu kontraksi karena mengandung gas.

Konsumsi makanan sehat dan bervariasi sangat penting selama kehamilan alasannya ialah nutrisi yang tepat mampu membantu janin untuk berkembang dan tumbuh sebagaimana mestinya. Selain mendukung perkembangan bayi, meningkatkan asupan vitamin dan mineral juga mampu membantu ibu hamil menjaga stamina dan terhindar dari macam macam penyakit.

Berikut daftar buah yang manis untuk ibu hamil yang dilansir dari Medical News Today:

1. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C dan E, kalsium, zat besi,kalium, beta karoten serta fosfor. Semua kandungannya sanggup membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Zat besi mampu mencegah anemia dan kalsium yang membantu perkuat tulang dan juga gigi.

2. Jeruk

Buah yang anggun untuk ibu hamil yang sedang flu mampu dengan mengonsumsi buah jeruk. Jeruk merupakan sumber terbaik dari asam folat, vitamin C sanggup membantu mencegah kerusakan sel dan membantu perembesan zat besi.

Folat mampu membantu mencegah cacat tabung saraf, yang sanggup menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada Cacat pada bayi,

3. Mangga

Buah yang manis untuk ibu hamil muda salah satunya yaitu mangga. Mangga mengandung vitamin A dan C. Satu cangkir mangga mengandung banyak vitamin C.

Bayi yang lahir dengan defisiensi vitamin C mungkin memiliki kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi menyerupai bisul pernapasan. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung tidak hanya vitamin C tetapi juga vitamin A.

4. Pir

Pir menyediakan banyak nutrisi sepertu serat, kalium serta folat. Mengonsumsi banyak serat ketika hamil sanggup membantu meringankan sembelit. Sedangkan potassium bermanfaat untuk kesehatan jantung bagi wanita dan bayi. Potassium juga sanggup merangsang regenerasi sel.

5. Delima

Pomegranate atau delima buah yang satu ini sangat cocok untuk ibu hamil trimester kedua atau ketiga. Buah ini mengandung vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein dan serat. Delima juga bermanfaat sebagai sumber energi yang baik dan kandungan zat besinya mampu membantu cegah kekurangan zat besi.

Vitamin K juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. Penelitian mengatakan bahwa minum jus buah delima sanggup membantu mengurangi risiko cedera pada plasenta.

6. Alpukat

Buah alpukat menjadi buah yang cocok untuk ibu hamil. Buah alpukat mengandung vitamin C, E dan K, asam lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin B dan kalium. Buah alpukat mengandung lemak sehat yang menyediakan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf. Buah alpukat juga dapat membantu membangun kulit dan jaringan otak bayi yang sedang berkembang.

Kalium dalam alpukat mampu meredakan kaki kram dan gejala lain yang sering terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Sehingga dapat dikatakan alpukat menjadi buah yang sangat cocok untuk ibu hamil tujuh bulan.

7. Jambu Biji

Jambu biji yakni pilihan buah yang sangat baik untuk bumil yang ingin mendapat banyak nutrisi. Jambu biji mengandung vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid dan asam folat.

Jambu biji mengandung bermacam-macam kombinasi nutrisi, sehingga ideal dikonsumsi untuk ibu hamil. Makan jambu biji selama kehamilan sanggup membantu mengendurkan otot, membantu pencernaan dan mengurangi sembelit.

8. Pisang

Buah yang anggun untuk ibu hamil 3 bulan salah satunya yakni pisang. Pisang mengandung vitamin C, kalium, vitamin B-6 dan serat. Kandungan serat pada pisang tinggi sehingga mampu mengatasi sembelit yang menjadi banyak permasalahan untuk banyak ibu hamil. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa vitamin B-6 sanggup membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

9. Apel

Apel mengandung vitamin A dan C, serat hingga kalium yang membantu pertumbuhan janin. Buah apel enak dikonsumsi dalam bentuk bagian atau dicampur menjadi salad buah.

Adakah buah yang harus dihindari seseorang selama kehamilan?

Tidak ada buah tertentu yang harus dihindari oleh ibu hamil. Namun, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan lagi porsinya. Beberapa buah-buahan mempunyai kandungan gula yang tinggi, buah tertentu mirip jus dan buah-buahan kering yang kandungan gulanya akan menjadi lebih tinggi.