10 Makanan Untuk Meningkatkan Hb Rendah Pada Masa Kehamilan

10 Makanan Untuk Meningkatkan Hb Rendah Pada Masa Kehamilan
Daftar Isi Artikel

Hemoglobin atau Hb yaitu protein di sel darah merah yang membawa oksigen menuju tubuh. Hb bertugas untuk membawa karbondioksida keluar dari sel dan menuju paru-paru untuk dikeluarkan.

Tetapi, level hemoglobin dalam darah mampu menurun karena beberapa hal. Salah satu penyebabnya adalah Hb rendah pada masa kehamilan. Diperkirakan bahwa sekitar 40% dari wanita hamil di dunia mengalami kekurangan hemoglobin.

Kekurangan Hb akan berdampak pada ibu hamil, tapi juga pada bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, Ibu harus konsumsi masakan yang dapat meningkatkan Hb dalam masa kehamilan.

Berikut ini 11 makanan untuk meningkatkan Hb yang rendah pada ibu hamil dirangkum oleh YukDietSehat:

Tips Meningkatkan Hb Rendah Saat Hamil

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau dengan kandungan zat besi yang tinggi. Tidak hanya besi, bayam juga kaya akan asam folat yang sangat bagus untuk wanita hamil.

2. Brokoli

Sayuran dengan zat besi tinggi yang bisa meningkatkan Hb adalah brokoli. Tidak hanya kaya akan zat besi, brokoli juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C dan magnesium.

3. Kentang

Kentang mengandung zat besi yang dapat menambah level Hb di dalam darah. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C yang dapat mendorong perembesan zat besi.

4. Semangka

Semangka tidak hanya mempunyai rasa yang segar dan manis tapi juga kaya akan zat besi. Terlebih lagi semangka mengandung vitamin C yang tinggi yang dapat membantu perembesan zat besi dengan lebih baik.

5. Strawberry

Buah berwarna merah yang manis ini tidak hanya lezat untuk menjadi cemilan tapi juga kaya akan zat besi dan vitamin C. Didalam 100 gram strawberry mengandung sekitar 0,4 mg zat besi.

6. Dada Ayam

Dada ayam tanpa kulit dapat dimasak menjadi sajian masakan apa pun dan tetap kaya akan zat besi. Dalam 100 gram dada ayam mengandung 0,7 mg zat besi yang cantik untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah.

7. Daging Sapi

Daging merah merupakan sumber zat besi yang sangat cantik untuk menambah Hb yang rendah. Tapi pastikan kalian memakan daging sapi tanpa lemak biar lebih efektif keuntungannya bagi kesehatan.

8. Udang

Makanan laut udang rupanya juga mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup besar. 100 Gram udang dapat mengandung 3 mg zat besi yang cantik untuk meningkatkan Hb.

9. Beras Merah

Beras merah bukan hanya alternatif yang lebih sehat tapi juga dapat membantu memenuhi asupan zat besi harian. Setiap 100 gram beras merah mengandung 0,4 mg zat besi yang cantik untuk mendongkrak Hb.

10. Kacang-kacangan

Makanan untuk meningkatkan Hb lainnya ialah jenis kacang-kacangan menyerupai chickpea, kacang merah, dan kacang kedelai. Tidak hanya cantik untuk ibu hamil, masakan ini merupakan sumber zat besi yang cantik untuk vegan dan vegetarian.

Untuk meningkatkan kadar hemoglobin, kacang-kacangan juga mengandung asam folat dan vitamin. Misalnya, 100 gram kedelai mengandung 15,7 mg zat besi.

Demikian artikel tentang cara Meningkatkan Hb Rendah Pada Masa Kehamilan, Silahkan anda coba semua makanan diatas. Semoga bermanfaat