4 Tips yang Perlu Dipersiapkan Tubuh Sebelum Program Hamil

4 Tips yang Perlu Dipersiapkan Tubuh Sebelum Program Hamil
Daftar Isi Artikel

Menjelang kehamilan, tubuh Anda seperti sebuah rumah yang akan menyambut kedatangan tamu besar. Oleh karena itu, tubuh harus dipersiapkan dengan baik. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan menghindari hal-hal yang dapat merusak organ-organ tubuh adalah hal-hal yang harus dilakukan.

maka apa saja yang harus dilakukan untuk tubuh dan mempersiapkan program kehamilan? Berikut adalah Informasinya.

Vitamin Apa saja yang harus Dikonsumsi selama Program Hamil?

Penelitian mengatakan bahwa konsumsi multivitamin diperkaya dengan asam folat bisa  mengurangi risiko cacat tabung saraf, cacat lahir pada tulang belakang atau otak, seperti spina bifida dan anencephaly.

Dokter menyarankan bahwa setiap wanita sedang program hamil atau sedang hamil wajib konsum multivitamin yang mengandung asam folat, kurang lebih  0,4 sampai satu miligram per hari. Idealnya sejak tiga bulan sebelum kehamilan.

Menghindari obat apa saja selama program kehamilan?

Waktu menjalani program hamil, banyak orang menganggap bahwa obat-obatan yang diresepkan, seperti antidepresan, atau obat-obatan untuk hipertensi mungkin memiliki dampak negatif pada janin.

Direktur medis dari The Forest Hill Pusat Kesehatan Keluarga menyarankan semua wanita yang akan hamil harus melakukan pemeriksaan pra-kehamilan dengan dokter untuk mendiskusikan hal-hal tertentu, termasuk obat yang aman dan yang harus dihindari.

Obat-obatan tertentu, seperti Accutane obat jerawat, dapat menimbulkan risiko cacat lahir. Namun, obat-obatan yang dikonsumsi untuk masalah kesehatan jangka panjang, seperti asma, epilepsi, dan diabetes, serta masalah mental seperti kecemasan, dosis harus disesuaikan, jika  akan dikonsumsi selama kehamilan. Pastikan untuk menindaklanjuti dengan dokter yang menangani untuk memastikan jumlah dosis yang aman untuk dikonsumsi.

Berapakah Berat Badan Ideal Saat Program Kehamilan?

Ketika Anda memutuskan untuk hamil, Anda Harus memperhatikan berat badan. Body Mass Index (BMI) sangat berpengaruh. Berdasarkan penelitian dari American Society for Reproductive Medicine, 12% masalah ketidaksuburan disebabkan oleh berat badan yang tidak ideal.


Lalu, berapa BMI yang normal? IMT yang normal bahwa seorang wanita bisa hamil dengan sehat adalah 19 sampai 25. Jika lebih dari 30, maka dapat diklasifikasikan sebagai obesitas. Hal ini akan menghambat ovulasi, yang akan menyebabkan kesulitan konsepsi.

Bolehkan Minum Kopi saat Program Hamil?

Jika Anda  peminum kopi, ketika program hamil  Anda masih diperbolehkan untuk konsumsi. Hanya membatasi asupan kafein dalam jumlah 200-300 miligram per hari. Ini setara dengan satu atau dua cangkir kopi.

Itulah yang perlu dipersiapkan sebelum kehamilan. Mempersiapkan tubuh yang sehat adalah kewajiban bagi semua wanita. Tidak hanya ketika program hamil, tetapi juga saat menyusui, karena sangat berpengaruh pada kesehatan masa depan bayi. Tetap aktif dan tetap sehat, ya!