10 Aplikasi Kehamilan untuk Pantau Perkembangan Janin

10 Aplikasi Kehamilan untuk Pantau Perkembangan Janin
Daftar Isi Artikel

Ketika hamil bunda dapat memperoleh informasi kehamilan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui konsultasi ke dokter, membaca buku, menghadiri seminar, atau bahkan melalui aplikasi kehamilan online yang bisa bunda unduh melalui smartphone bunda.

Tahukah bunda, meski tidak bisa menggantikan peran berkonsultasi dengan dokter, poin terakhir ini sebenarnya sangat berguna untuk melacak perkembangan janin. Para bunda dapat memperoleh informasi dengan cepat hanya bermodal ponsel dan koneksi internet lho, apalagi di masa pandemi seperti ini aplikasi online sangat membantu bunda.

Nah kali ini Yukdietsehat.com akan memberikan rekomendasi aplikasi kehamilan online yang bisa bunda unduh di smartphone bunda. Yuk, cari tahu di sini!

1. BabyCentre Pregnancy Tracker

Aplikasi ini sedikit berbeda dari aplikasi yang lainnya, karena aplikasi ini lebih banyak memberikan tips yang lebih spesifik kepada Bunda berdasarkan usia kehamilan. Misalnya, sebaiknya mulai menyiapkan pakaian bayi setelah tujuh bulan masa kehamilan. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan Bunda untuk berbicara dengan pengguna aplikasi lain sehingga dapat berbagi dan bertukar informasi.

2. Diary Bunda

Diary Bunda adalah aplikasi yang cocok untuk Bunda yang sedang berencana hamil, sedang hamil, atau merawat bayi dan anak setelah melahirkan. Aplikasi ini hadir dengan tips dan informasi terpercaya seputar kehamilan karena bekerjasama dengan spesialis terpercaya di bidangnya.

Bunda bisa memantau status kehamilan secara rutin dan mengetahui apa yang akan terjadi setiap hari, setiap minggu, trimester hingga akhirnya melahirkan.

Aplikasi Diary Bunda tidak hanya memberikan solusi selama kehamilan, tetapi juga informasi pasca persalinan, seperti jadwal dokter anak, jadwal imunisasi dan vaksinasi, serta informasi seputar parenting lainnya.

3. Hallobumil

Hallobumil adalah aplikasi interaktif pertama yang ada di Indonesia. Aplikasi ini menemani para Bunda melalui persiapan kehamilan, kehamilan, dan hingga mendampingi tumbuh kembang anak.

Hallobumil memberikan informasi dengan cara yang unik, seolah-olah si Kecil diajak ngobrol tentang tumbuh kembangnya sejak dalam kandungan hingga lahir ke dunia. Dengan menggunakan bahasa sehari-hari, Bunda dapat menjadikan aplikasi ini sebagai teman yang dipercaya setiap hari.

Berbagai fungsi utamanya, seperti status harian, kalender kesuburan, jadwal kehamilan, jadwal tumbuh kembang anak, pelacak menyusui, dan pelacak pertumbuhan si Kecil, akan sangat membantu Bunda menjalani kehamilan dengan mudah dan bahagia.

4. Hello Belly: Pregnancy Tracker

salah satu aplikasi menarik yang memungkinkan Bunda mendapatkan tips kehamilan yang disertai dengan ilustrasi lucu serta menggemaskan. Pelacak perkembangan janin pada kehamilan ini juga memiliki penampilan yang menarik dan memenuhi keinginan visual Bunda akan penampilan bayi di dalam perut.

5. HiMommy Pregnancy Tracker

Aplikasi ini memiliki fitur interface dan palet warna yang mudah digunakan. Selain itu, aplikasi sederhana ini juga bermanfaat karena memberikan informasi dasar seputar kehamilan dan beberapa kebutuhan kehamilan yang harus dibawa ke rumah sakit.

6. Ovia Pregnancy Tracker

Selama hamil, kesehatan Bunda akan sangat memengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Untuk itu, Bunda harus selalu menjaga kesehatan tubuh agar bayi juga sehat. Melalui aplikasi ini Bunda bisa mengatur pola makan sesuai dengan usia janin untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Aplikasi ini akan membantu penggunanya mencapai hidup sehat, misalnya menyarankan diet berdasarkan usia, usia janin, dan berat badan. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Bunda untuk memantau tingkat kebugaran tubuh.

7. Pregnancy Tracker

Bunda bisa menemukan berbagai fitur yang membantu menentukan perkembangan janin di dalam aplikasi ini. Fungsi-fungsi tersebut dapat berupa nama bayi, kalender kehamilan, gambar perkembangan janin interaktif, video bayi dalam kandungan, video persalinan dan berbagai pengingat.

Bahkan ada Bumpie Photo Diary, sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mengambil foto perkembangan perut selama kehamilan dan mengubahnya menjadi video yang dapat dibagikan.

8. Pregnancy +

Dalam aplikasi ini para Bunda bisa mengetahui semuanya mulai dari kondisi janin, ukuran janin, hingga pergerakan janin. Ada juga fungsi untuk membantu Bunda mencatat berat badan yang Bunda peroleh setiap minggu selama kehamilan. Selain itu, ada juga fitur yang bisa memberikan referensi nama bayi.

9. Sprout Pregnancy

Aplikasi satu ini sangat unik karena menyediakan fitur visual perkembangan bayi dengan teknologi 3D yang sangat memuaskan para Bunda yang penasaran dengan penampilan bayi di dalam kandungan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan para Bunda untuk mengakses kumpulan artikel kehamilan dari media terpercaya lho.

10. Sprout Pregnancy 

Perjalanan menjadi seorang Bunda merupakan tahapan yang penuh dengan cerita dan tantangan. Dari perjalanan melalui rencana kehamilan, melalui masa kehamilan 40 minggu, hingga tumbuh kembang anak.

Jika ada sumber informasi yang dapat dipercaya, masa kehamilan yang berharga ini pasti akan lebih mudah dijalani. Teman  Bumil dilengkapi dengan konten yang dapat memantau tumbuh kembang si Kecil hingga umur lima tahun, tips parenting, dan berbagai fitur terbaru dan modern.

Berbagai fitur baru dalam aplikasi ini dirancang untuk menjadi sahabat Bunda di setiap tahap program hamil, kehamilan, hingga pengasuhan si Kecil. 

Banyak kan Bun rekomendasi aplikasi kehamilan online yang tentunya akan membantu Bunda. Yuk, pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan membuat perjalanan kehamilan Bunda menjadi lancar!

Semoga bunda dan si Kecil di dalam kandungan diberikan kesehatan hingga hari persalinan tiba ya!